Record Detail Back

XML

IMPLEMENTASI MANAJEMEN STRATEGIK KEPALA SEKOLAH DALAM MENUMBUHKAN SIKAP KEBERAGAMAAN SISWA DI SMA NEGERI 1 KENDARI


ABSTRAK



HAR YANTI YAKUB, NIM. 12010103038. “Implementasi Manajemen Strategik Kepala Sekolah dalam Menumbuhkan Sikap Keberagamaan Siswa di SMA Negeri 1 Kendari”. Dibimbing oleh Erdiyanti, S.Ag., M.Pd.


Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Kendari merupakan sekolah umum dan bukan sekolah berbasis Islami namun para siswa menunjukkan sikap yang sangat religious. Bagi siswa yang beragama Islam, mereka sangat memperhatikan waktu-waktu shalat baik fardhu maupun sunnah, dan guru-guru juga memberikan kebijakan untuk siswa yang ingin melakukan shalat pada jam pelajaran seperti shalat sunnah dhuha.
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana sikap keberagamaan siswa di SMA Negeri 1 Kendari, dan 2) Sejauhmana implementasi manajemen strategik kepala sekolah dalam menumbuhkan sikap keberagamaan siswa di SMA Negeri 1 Kendari.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis yakni penelitian yang bertujuan menjelaskan suatu gejala atau fakta serta upaya untuk mencari dan menata secara sistematis dan akurat data penelitian, kemudian dilakukan penelahan secara akurat dan mendetail guna mencari makna. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui metode wawancara, observasi dan studi dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sikap-sikap Islami yang ditanamkan pihak sekolah kepada siswa-siswi SMA Negeri 1 Kendari nampaknya telah menjadi kebiasaan-kebiasaan posistif siswa dalam kesehariannya utamanya di lingkungan sekolah. Sikap Islami yang ditunjukkan siswa-siswi SMA Negeri 1 Kendari adalah rajin ibadah (shalat), sikap sopan, antusias terhadap ilmu agama, sikap toleransi, dan gemar ber-Infak. Dan Implementasi manajemen strategik kepala sekolah dalam menmbuhkan sikap keberagamaan siswa melalui beberapa kegiatan-kegiatan keagamaan diwujudkan dengan beberapa cara yaitu penyediaan sarana dan prasarana, pendekatan-pendekatan persuasif kepada siswa dengan selalu menasihati siswa dan melakukan penilaian sikap keberagamaan sebagai bagian dari mata pelajaran Pendidikan Agama Islam serta dengan melakukan pengarahan langsung sebagai upaya pembiasaan. Penerapan dari kebijakan-kebijakan strategik yang dapat menumbuhkan sikap keberagamaan siswa SMA Negeri 1 Kendari pada dasarnya telah diterapkan dengan baik yang terlihat dari antusias siswa-siswi dalam kegiatan-kegiatan keagamaan, meskipun masih perlu untuk terus ditingkatkan seperti budaya 3s (senyum, salam dan sapa).

Kata Kunci: Manajemen Strategik, Sikap Keberagamaan

HARYANTI Yakub - Personal Name
ST.16.153 HAR i
NONE
Fak. Tarbiyah
Indonesia
IAIN Kendari Press
2016
iain kendari
78 hlm.;21x28 cm
LOADING LIST...
LOADING LIST...