Record Detail Back

XML

PENINGKATAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADIST MELALUI METODE CARD SHORT PADA SISWA KELAS MTs SIRAJUL MUNIR YASIMA KONDA KABUPATEN KONAWE SELATAN


ABSTRAK

SULISTIYOWATI, NIM. 09010101070, Judul: Peningkatan Hasil Belajar al-Qur’an Hadist Melalui Metode Card Short Pada Siswa Kelas VIII MTs Sirajul Munir Yasima Konda Kabupaten Konawe Selatan, (Dibimbing Oleh: Drs. H. Herman, M. Pd. I dan Imelda Wahyuni, S.S, M.Pd.I)

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah metode card short dapat menigkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran al-Qur’an Hadist kelas VIII MTs Sirajul Munir Yasima Konda Kabupaten Konawe Selatan? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran al-Qur,an Hadist dengan menggunakan metode card Short.

Penelitian ini dilaksanakan di MTs Sirajul Munir Yasima Konda Kabupaten Konawe Selatan pada tahun ajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa 11 orang.

Prosedur penelitian terdiri dari : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, (4) evaluasi, (5) refleksi. Sumber data adalah guru dan siswa. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa, serta tes tertulis pada tiap siklus untuk mengetahui hasil belajar siswa. Faktor yang diselidiki yakni faktor siswa dan guru. Standar yang ditetapkan adalah apabila minimal 80% siswa memperoleh nilai ≥ 65.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan berdasarkan hasil setiap tes yang diberikan. Hasil tes pada Siklus I menunjukan bahwa rata-rata nilai yang diperoleh siswa adalah sebesar 57,27 dengan 45,45% siswa memperoleh nilai ≥ 65. Selanjutnya hasil tes siklus II memperlihatkan bahwa rata-rata nilai siswa adalah 81,81 dengan 90,90 % siswa memperoleh nilai ≥ 65. Berdasarkan standar ketuntasan yang ditetapkan, yakni 80 % siswa memperoleh nilai ≥ 65, maka proses pembelajaran dengan menggunakan metode card short dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran al-Qur’an Hadist kelas VIII MTs Sirajul Munir Yasima Konda.




SULISTIYOWATI - Personal Name
tar-2013 SUL
09 01 01 01 070
Referensi
Indonesia
A bradford book the mit press
2013
Jakarta
vi, 55 hlm, 28 Cm
LOADING LIST...
LOADING LIST...