Record Detail Back

XML

PENGARUH KETERSEDIAAN SARANA DAN PRASARANA TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BIDANG STUDI AL-QUR’AN HADIS DI MTsN KONDA KABUPATEN KONAWE SELATAN


Pengaruh Ketersedian Sarana dan Prasarana Terhadap Efektivitas Pembelajaran Bidang Studi Al-Qur’an Hadis telah diteliti di MTsN Konda Kabupaten Konawe Selatan. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui gambaran ketersediaan sarana dan prasarana pembelajaran di MTsN Konda, (2) Untuk mengetahui Efektivitas pembelajaran bidang studi Al-qur’an Hadis di MTsN Konda, dan (3) Untuk mengetahui pengaruh ketersediaan sarana dan prasarana terhadap efektivitas pembelajaran bidang studi Al-qur’an Hadis di MTsN Konda Kabupaten Konawe Selatan.
Masalah utama yang dibahas dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh yang diberikan oleh ketersediaan sarana dan prasarana di sekolah terhadap efektivitas pembelajaran terutama pada bidang studi Al-Qur’an Hadis di MTsN Konda Kabupaten Konawe Selatan ?
Metode pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah quisioner (angket) secara dominan dan didukung oleh metode observasi. Angket diberikan kepada siswa untuk mengukur ketersedian sarana dan prasarana dan motivasi belajar mereka. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis deskriftif dan inferensial.
Hasil penelitian diketahui bahwa sarana dan prasarana di MTsN Konda telah tersedia dengan memadai, karena tempat belajar tersedia dan memadai, sumber belajar yang dibutuhkan siswa pun memadai, dan media pembelajaran bagi guru juga siswa tersedia dan memadai. Selain itu, pembelajaran di MTsN Konda telah berjalan dengan efektif dan maksimal karena pada saat pembelajaran materi dapat dipahami oleh siswa, skenario pembelajaran pun berjalan lancer dan hasil belajar siswa tinggi. Berdasarkan perhitungan inferensial diketahui terdapat pengaruh yang positif dan signifikan ketersediaan sarana dan prasarana terhadap efektivitas pembelajaran Al-Qur’an Hadis karena nilai r hitung lebih besar dengan nilai r table pada N : 40 dan derajat kepercayaan 95 % atau α = 0,05, yaitu 0,40 > 0,304.


SURIANI, Wiwin - Personal Name
Tar-2012, 139 SUR
Referensi
Indonesia
STAIN Kendari
2012
STAIN Kendari
ix, 74 hlm, 28 Cm
Skripsi Hasil Karya Tulis Mahasiswa
LOADING LIST...
LOADING LIST...