Fak. Syariah
KELUARGA SAKINAH MENURUT JAMA’AH TABLIG DITINJAU DARI PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (StudiKasusJama’ahTabligh Kota Kendari)
ABSTRAK
Surahman, NIM 09020101026, KeluargaSakinahMenurutJama’ahTabligDitinjau Dari PerspektifHukum Islam(StudiKasusJama’ahTabligh Kota Kendari) (Dibimbingoleh Dr. Hj. Asni, S.Ag., M.HI danJabalNur, S.Ag., MA)
Penelitianinibertujuanmendeskripsikandanmenganalisissecara obyektif pandanganJamaahTabligtentangkeluargasakinahdanpandanganhukum Islam mengenaipandanganJamaahTabligtentangkeluargasakinah.kotaKendari.Penelitianinimenggunakanjenispenelitianlapangan atau field research (penelitianlapangan) dengan analisis data kualitatifdeskriptif yang berusahauntukmenghasilkan data secara mendalam, gambaran yang sistematis, faktualsertaakuratmengenaikenyataan-kenyataan, sifat-sifatsertahubunganantarafenomena yang diamatidandianalisisdenganpenelitian kualitatif deskriptif.Hasilanalisisiniakandijelaskandengankalimat deskriptifdanberusahasedapatmungkinmemberikankejelasantentangobyekdansubyekpenelitian.Metodeinidigunakandalampenelitianuntukmendapatkan data daninformasitentangpandanganJamaahTabligkotaKendaritentangkeluargasakinah.
JamaahTablig Kota Kendaripadadasarnyamemilikipandangan yang tidakbanyakberbedadenganpandanganmayoritasmuslimlainnyatentangkeluargasakinah. MenurutJamaahTablig Kota Kendari, keluargasakinahterciptadalam 3 fase, yaitupra-nikah, saatpernikahan, danpasca-pernikahan. Bahwapadafasepra-nikah, seoranganggotajamaahharusmencaricalonpasangan yang memenuhikriteria yang disampaikanolehNabi Muhammad SAW.Tinjauanhukum Islam terhadappandanganJamaahTablig Kota Kendaritentangkeluargasakinahjugatidakmenimbulkanbanyakpermasalahan.Hanyabeberapahal yang menurutpenulisbisadianggapmenyelisihihukum Islam yang selamainidipahami.Kasusyang dimaksudadalah (1)Pandanganbahwabolehmelamar di ataslamaran orang lain, padahalhukum Islam jelasmelaranghaltersebut, (2) Kegiatankhurujyang merupakanbagianutamadalamdakwahJamaahTablig, (3) Dalamkehidupansosial, JamaahTabligsesungguhnyamemilikiinteraksi yang sangatbaikkepadasesamamanusiamengingataktivitasdakwahmereka yang menuntutbersosialisasidenganbaik. Hanyapembatasan yang terhitung ‘ekstrim’ kepadaistrimerekauntukberinteraksidanberaktifitas diluarrumah yang mendapatkancatatandaripenulisDalamhalpendidikananak, denganaktifitaskhurujmakaotomatiskeluarga yang ditinggaltidakmendapatkanpengajarandanbimbinganmaksimaldariseorangsuamiatau ayah, padahalistridananak-anakjugamembutuhkanbimbingandanpendidikandariseorangsuamiatau ayah. JamaahTablightidakbisamenjaministridananak-
Tidak tersedia versi lain