Fak. Tarbiyah
PENERAPAN METODE ROLE PLAY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 6 KENDARI SKRIPSI
ABSTRAK
SUHARTI, NIM: 12010101066, Judul: Penerapan Metode Pembelajaran Bermain
Peran (Role Play) untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Pendidikan Agama
Islam Siswa Kelas X IPS di SMA Negeri 6 Kendari, (Dibimbing Oleh: Drs.
Masdin, M.Pd dan St. Aisyah Mu`min, S.Ag., M.Pd).
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau classroom action
research. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana gambaran
penerapan strategi pembelajaran bermain peran (role play) di SMA Negeri 6
Kendari? 2) Bagaimana gambaran keaktifan belajar siswa di SMA Negeri 6 Kendari?
3) Apakah penerapan strategi pembelajaran bermain peran (role play) dapat
meningkatkan keaktifan belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas X IPS di SMA
Negeri 6 Kendari? Peneltian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar murid
pada mata pelajaran PAI melalui strategi pembelajaran role play.
Penelitian ini dilaksanakan di kelas X IPS SMA Negeri 6 Kendari pada tahun
ajaran 2015/2016dengan jumlah siswa 28 orang.
Prosedur penelitian terdiri dari: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3)
observasi, (4) evaluasi, (5) refleksi. Sumber data adalah guru dan murid. Instrumen
penelitian yang digunakan adalah lembar observasi guru dan murid, serta tes tertulis
pada tiap siklus untuk mengetahui hasil belajar murid. Faktor yang diselidiki yakni
faktor murid dan guru. Standar ketuntasan yang ditetapkan adalah apabila minimal
80% murid memperoleh nilai ≥ 75.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada evaluasi awal nilai yang
diperoleh siswa rata-rata sebesar 74,82, pada akhir siklus I nilai siswa menunjukan
peningkatan menjadi 78,79 dengan 19 orang siswa (67,86%) memperoleh nilai ≥ 75.
Aktivitas belajar siswa menunjukan nilai 62,5%. Aktivitas guru memperoleh nilai
72,06% untuk pelaksanaan pembelajaran. Pada siklus II perolehan nilai siswa
kembali menunjukan peningkatan dengan rata-rata perolehan siswa 83,04 dengan
82,14% siswa memperoleh nilai ≥ 75. Pencapaian siswa pada siklus II menunjukan
peningkatan yang sekaligus manjadi akhir dari pelaksanaan pembelajaran, sebab
standar ketuntasan yang ditentukan oleh sekolah adalah jika 80% siswa memperoleh
nilai ≥ 75. Aktivitas belajar siswa dalam secara berkelompok juga menunjukan
peningkatan menjadi 81,25%. Aktifitas guru selama proses pembelajaran juga
menunjukan perbaikan dengan perolehan nilai yang meningkat menjadi 98,53%
Dengan demikian strategi pembelajaran role play dapat meningkatkan hasil belajar
PAI siswa Kelas X IPS SMA Negeri 6 Kendari.
Tidak tersedia versi lain