Referensi
ANALISIS SUPERVISI PEMBELAJARAN PADA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 KONAWE DI KABUPATEN KONAWE
ANALISIS SUPERVISI PEMBELAJARAN PADA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 KONAWE DI KABUPATEN KONAWE
ABSTRAK
Penelitian ini berjudul: “Analisis Supervisi Pembelajaran Pada Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Konawe di Kabupaten Konawe”. Judul tersebut sengaja penulis angkat kepermukaan melalui penelitian ilmiah untuk mendalami pelaksanaan Supervisi Pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Konawe, karena selama ini banyak ungkapan yang mengemuka, yang menyatakan bahwa layanan supervisi pembelajaran di Madrasah seperti tiada , sehingga permasalahan yang menjadi fokus penelitian ini adalah : “Bagaimanakah pelaksanaan supervisi Pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Konawe dalam upaya meningkatkan kompetensi profesional guru, dan faktor-faktor apakah yang menjadi penghambat serta pendukung pelaksanan supervisi Pembelajaran tersebut ?”.
Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran yang jelas dan obyektif tentang pelaksanaan supervisi pembelajaran di Madrasah tersebut serta faktor penghambat dan pendukungnya. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan pengumpulan data dengan mengidentifikasi pelayanan supervisi Pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Konawe, dengan menggunakan tehnik pengumpul data wawancara, observasi, Dokumentasi dan angket . Selanjutnya data yang telah dihimpun berupa data naratif dianalisis dengan content analysis (analisis isi), dan data kuantitatif dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif.Penelitian ini dilaksanakan pada Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Konawe yaitu terhadap supervisor dan data dari sejumlah imforman penelitian.
Hasil identifikasi kondisi obyektif pelaksanaan supervisi pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Konawe dalam memberikan bantuan dan bimbingan profesional kepada guru-guru untuk mengatasi persoalan pembelajaran yang dihadapi mereka, belum sesuai dengan ketentuan dan harapan berbagai pihak. Hal ini terbukti bahwa pelaksanaan observasi kelas yang dilakukan supervisor kadang-kadang saja , Bimbingan individual, diskusi kelompok dan kegiatan supervisi lainnya masih sangat minimal imforman menyatakan kadang-kadang. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat seperangkat kendala, yaitu : keterbatasan waktu supervisor, motivasi yang rendah, lemahnya kontrol.
Bertolak dari kenyataan layanan supervisi pembelajaran yang dilaksanakan oleh supervisor dalam porsi yang masih sangat minimal itu, dirumuskan sejumlah rancangan perbaikan implementasi layanan supervisi pembelajaran melalui :
(1) penataan kembali program layanan supervisi, (2) menambahkan jumlah tenaga supervisor, (3) mengembangkan kemampuan profesional supervisor, (4) memantapkan koordinasi antar pihak terkait,(5) membangun iklim pelaksanaan supervisi yang kondusif, (6) melibatkan tenaga ahli supervisi sebagai badan konsultan, (7) optimalisasi peran kepala sekolah sebagai supervisor pembelajaran, (8) mengembangkan supervisi klinis, dan (9) evaluasi terhadap kinerja pengawas.
Tidak tersedia versi lain