Referensi
IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENGEMBANGAN TENAGA PENDIDIK DAN KEPENDIDIKAN DIMADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 02 KONAWE SELATAN
ABSTRAK
Paikun, 2016, ImplementasiManajemenPengembanganTenagaPendidikdanKependidikan di MTs Negeri 02 Konawe Selatan. Program StudiManajemenPendidikan Islam, Institut Agama Islam NegeriKendari. Pembimbing I. Dr. Hj.St.Hasniyati Gani Ali, M.Pd.I,Pembimbing II. Dr. Supriyanto, M.A.
Penelitianinidisusunberdasarkanfenomena yang terjadidalamimplementasimanajemenpengembangantenagapendidikdankependidikan.Adapunpokokpermasalahanadalahbagaimanaimplementasipengembangantenagapendidikdankependidikan di MTs Negeri 02 KonaweSelatan.Sedangkantujuanpenelitianiniadalahuntukmenggambarkanimplementasimanajemenpengembangantenagapendidikdankependidikan, untukmengetahuifaktor pendukungdanpenghambatimplementasimanajementenagapendidikdankependidikandanuntukmengetahuiupaya-upaya yang dilakukandalammengatasifaktor penghambatimplementasimanajementenagapendidikdankependidikan.
Penelitianinidilakukan di MTs Negeri 02 Konawe Selatan.Adapunjenispenelitianiniadalahpenelitianlapangan (field research)denganpendekatanmetodepenelitiankualitatif.Teknikpengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling selanjutnya menggunakan snowball sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Ujikeabsahan data menggunakanpeningkatanketekunanpengamatan, triangulasi, analisiskasus negative danmemberchek.Adapun teknikanalisis data yang digunakan yaitu reduksi data, display data, danverifikasi data.
HasilpenelitianinimenunjukanbahwaImplementasipengembangantenagapendidikdankependidikan di MTs Negeri 02 Konawe Selatan meliputikegiatanperencanaan, sepertipengadaantenagapendidik, pengembangankompetensitenagapendidik, perencanaan, pelaksanaanpembelajaran,danpelaksanaanevaluasi. Sedangkanuntuktenagakependidikanyaitupelaksanaandiklat.Sedangkankegiatanpengorganisasianuntuktenagapendidikmeliputipembagian jam mengajar, danpeningkatanprofesional guru. Sedangkanuntuktenagakependidikanmeliputimelimpahkanwewenangdantanggungjawab,sertapeningkatanketerampilan.Kegiatan motivating meliputimotivasidalambentuknon materialsepertisanjungandanucapanselamat.Kegiatanpengawasanuntuktenagakependidikanmeliputisurvey keruangkerja.Sedangkanfaktor penghambatdalampelaksanaanmanajemenpengembangantenagapendidikdankependidikanadalahpendanaan, saranadanprasarana (fasilitasIT dansaranalaboratorium).Upaya yang dilakukandalammengatasifaktor penghambatimplementasimanajemenpengembangantenagapendidikdankependidikanyaitudenganmencari donator melalui proposal danrapatkomite madrasah,melengkapisaranaprasaranapendukungpelaksanaankerjatenagapendidikdankependidikan.
Kata kunci: Implementasi, manajemen, pengembangan,tenagapendidikdankependidikan.
Tidak tersedia versi lain