Fak. Tarbiyah
SIKAP OTORITAS ORANG TUA DALAM MEMBIMBINGBELAJAR SISWA MTsN2 KONAWE SELATAN KECAMATAN TINANGGEA KABUPATEN KONAWE SELATAN
ABSTRAK
Sumarno La Kuca, NIM. 09010101149, Sikap Otoritas Orang Tua dalam Membimbing Belajar Siswa MTsN 2 Konawe Selatan Kecamatan Tinanggea Kabupaten Konawe Selatan, Dibimbing oleh Dr. H. Moh. Yahya Obaid, M.Ag dan Syahrul, S.Pd.I.,M.Pd
Penelitian ini membahas sikap otoritas orang tua dalam membimbing belajarsiswa MTsN 2 Konawe Selatan.Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuisikapotoritas orang tuadalammembimbingbelajarsiswaMTsN 2 Konawe Selatan Kec.TinanggeaKab. Konawe Selatan.Penelitianinidilaksanakan di Madrasah TsanawiyahNegeri(MTs.N) 2 Konawe Selatan Kec.TinanggeaKabupatenKonawe Selatan.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dilakukan dalam situasi yang wajar (natural setting) dan data yang dikumpulkan bersifat kualitatif. Pengumpulan data menggunakan tekhnik observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi, pengelolaan data ditempuh dengan tekhnik analisis data sebelum dilapangan dan analisis data selama dilapangan. Adapun analisis data selama dilapangan yaitu reduksi data, penyajian data danpenarikankesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dalam bentuk perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, triangulasi, analisis kasus negative dan member chek.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa sikapotoritas orang tuamerupakansikapmembatasidanmenghukum yangmenuntutanakuntukpatuhterhadapperintah-perintahorangtuadanmenghormatipekerjaandanusaha.Orangtuayangotoriterbiasanyamenetapkanaturansertabatasan-batasanyangtegassertatidakmemberipeluang yang besarterhadapanak-anaknyauntukberbicaraataumengungkapkanpendapatnya.Pengasuhansepertiinidiasosiasikandenganinkompetensisosialanak-anak.Anak-anakyangorang tuanyaotoritersering kali cemasakankehidupansosial, gagalmemprakarsaikegiatan, memilikiketerampilansosial yang rendahdanpatuhdantaatterhadapperintah.
Sikapotoritas orang tuadalammembimbingsiswamerupakansikap yang tegasdalammembuataturandirumah, disiplintinggi, memberikanhukumandanbersikapkomandodalammembimbingdanmemberikanbantuankepadaanak agar tujuanbelajar yang diinginkantercapaisesuaiharapan.Aspek-aspekdalamsikapotoritas orang tuadalammembimbingbelajarantara lain peraturan, hukuman, hadiah, pengawasan, perhatian
Tidak tersedia versi lain