Fak. Tarbiyah
PENERAPAN METODE PICTURE AND PICTURE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V B PADA MATA PELAJARAN IPA DI MIN 2 KONAWE SELATAN KEC. KONDA KAB. KONAWE SELATAN
ABSTRAK
La Saliadin, NIM: 12010104012, Judul: “Penerapan Metode Picture and
Picture Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V B Pada Mata
Pelajaran IPA Di MIN 2 Konawe Selatan Kec. Konda Kab. Konawe Selatan.”
(Dosen Pembimbing Dr. Hj. St. Kuraedah, M. Ag)
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa masih rendah,
banyak nilai siswa yang belum mencapai nilai KKM yaitu 65 sedangkan siswa
yang mendapat nilai ≥ 65 hanyalah siswa yang yang berprestasi. Selain itu,
kurangnya pengetahuan guru terhadap metode pembelajaran aktif, guru tidak
menggunakan media yang mendukung dalam mengajar, dan tidak ada kerjasama
antara guru dan siswa dan kurangnya perhatian guru terhadap siswa sehingga
siswa merasa tidak termotivasi, antusias dalam belajar sehingga hasil belajar siswa
rendah adapun tingkat keberhasilan masih mencapai 60%. Untuk mengantisipasi
hal tersebut perlu diadakan perubahan paradigma baru, yaitu dengan menambah
pengetahuan guru terhadap metode pembelajaran ke metode pembelajaran yang
aktif dan menyenangkan bagi siswa. adapun metode pembelajaran yang dimaksud
yaitu metode pembelajaran Picture and Picture (gambar dan gambar). Metode
pembelajaran ini menjadi salah satu pilihan peneliti dengan tujuan untuk
meningkatkan hasil belajar siswa kelas V B Di MIN 2 Konawe Selatan kecamatan
Konda Kabupaten Konawe Selatan.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan
di MIN 2 Konawe Selatan Kec. Konda Kab. Konawe Selatan, sebanyak 2 siklus
objek penelitian ini adalah siswa kelas V B yang berjumlah 23 siswa adapun
siswa laki-laki berjulah 6 dan siswa perempuan berjumlah 17 siswa, adapaun
instrument yang digunakan yaitu wawancara, dokumentasi, lember observasi guru
dan siswa, lembar kerja siswa dan peneliti. Sedangkan faktor yang diselidiki
dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa, aktivitas guru dan siswa serta
penerapan metode pembelajaran Picture and Picture, prosedur penelitian ini
dimulai dari perencanaan, observasi, tindakan evaluasi, dan refleksi.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa penerapan metode Picture and
Picture pada materi sumber daya alam di Kelas V B MIN 2 Konawe Selatan
berjalan dengan baik, hal ini dapat dilihat bahwa hasil belajar siswa mengalami
peningkatan secara signifikan dan telah mencapai ketuntasan belajar secara
klasikal. Hasil belajar siswa kelas V B MIN 2 Konawe Selatan, menunjukan nilai
yang signifikan yaitu pada pra siklus hasil belajar siswa secara keseluruhan hanya
mencapai 56.52%, setelah dilakukan tindakan pada siklus I dengan menggunakan
metode pembelajaran Picture and Picture hasil belajar siswa mengalami
peningkatan yaitu ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 65.21%,
kemudian dilanjutkan pada tindakan siklus II, dengan memperoleh hasil belajar
siswa secara klasikal yang memuaskan yaitu pada siklus II perolehan nilai belajar
siswa berjumlah 19 orang yang memperoleh nilai ≥ 65 dari jumlah 23 orang,
dengan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 82.60%. Dengan demikian hasil
belajar siswa meningkat secara signifikan.
Tidak tersedia versi lain