Fak. Tarbiyah
PENERAPAN PERMAINAN MEMANCING ANGKA DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BILANGAN PADA ANAK KELOMPOK A TK BATU POARO KOTA BAUBAU
ABSRAK
Harni. NIM. 14010101037. Penerapan Permainan Memancing Angka Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Bilangan Pada Anak Kelompok A TK Batupoaro Kota Baubau.
(Dibimbing oleh Isna Humaera, S.Ag.,S.Pd.,M.Pd)
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep bilangan anak melalui permainan memancing angka di TK Batupoaro Kota Baubau.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif menggunakan model Kemmis dan Taggart yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Masing-masing siklus dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A yang berjumlah 20 anak. Objek yang diteliti adalah pemahaman konsep bilangan melalui permainan memancing angka. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep bilangan anak kelompok A melalui permainan memancing angka yakni pada saat sebelum dilaksanakan tindakan, persentase pemahaman konsep bilangan anak adalah 49,58% dengan kriteria cukup dan setelah dilaksanakan tindakan, pemahaman konsep bilangan anak meningkat menjadi 82,50% dengan kriteria sangat baik.
Tidak tersedia versi lain