Fak. Tarbiyah
MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI METODE SIMULASI PADA SISWA KELAS V SDN 1 BAJO SAMPELA DESA SAMABAHARI KECAMATAN KALEDUPA KABABUPATEN WAKATOBI
ABSTRAK
KARDIN, NIM. 12010101073, Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada
Pendidikan Agama Islam melalui Metode Simulasi pada Siswa Kelas V SDN 1 Bajo
Sampela Desa Samabahari Kec. Kaledupa Kab. Wakatobi. (Dibimbing Oleh: Dr. Hj.
St. Kuraedah, M.Ag, dan Ir.Hj.Ety Nur Inah, M,Si)
Dalam setiap proses pendidikan maka hal mendasar yang senantiasa
diharapkan adalah meningkatnya hasil belajar siswa sebagai indikator reaksi dan
motivasi siswa terhadap bahan ajar yang diberikan dalam proses pembelajaran, hal
ini tidak terlepas dari pelaksanaan pembelajaran PAI di SDN 1 Bajo Sampela dimana
dalam proses pembelajaran masih menganut model pembelajaran konvensional, yaitu
proses pembelajaran yang berpusat pada guru dan siswa hanya fakum serta tidak
terjadi interaksi atas keduanya sehingga terlihat saat pelajaran banyak siswa hanya
mendengar penjelasan dari guru hal ini, akan mempengaruhi motivasi belajar siswa,
sehingga perlu adanya penerapan strategi pembelajaran yang dapat mendongkrak
motivasi belajar siswa, dimana salah satunya adalah metode simulasi yang dipandang
dalam membangkitkan motivasi dan hasil belajar siswa di SDN 1 Bajo Sampela
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (action research), dengan
sasaran penelitian siswa kelas V SDN 1 Bajo Sampela sebanyak 27 siswa.
Rancangan dalam penelitian meliputi 2 siklus, tiap siklus dilaksanakan sesuai dengan
perubahan yang ingin dicapai, untuk mengetahui motivasi dan hasil belajar siswa
sebelum diberikan tindakan, terlebih dahulu diberikan tes awal, sebagai bahan
landasan dalam pembentukan nilai peningkatan hasil belajar siswa. Prosedur
penelitian ini adalah perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan
refleksi. Sumber data adalah siswa dan guru. Jenis data yang didapatkan adalah data
kuantitatif dan data kualitatif melalui jurnal lembar observasi dan tes hasil belajar.
Cara pengambilan data model pembelajaran langsung diambil dengan menggunakan
alat evaluasi beruupa tes hasi belajar dan data tentang refleksi diri diambil dengan
menggunakan observasi kegiatan guru dan siswa.
Hasil penelitian bahwa dengan menggunakan metode simulasi dapat
meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas V pada materi Haji dan Umroh pada
siklus I dan Kurban pada siklus II dapat ditingkatkan, hal ini dapat dilihat dari hasil
tes prasiklus dengan ketuntasan 48.55% sedangkan siklus I memperoleh nilai ratarata
59.4 dengan tingkat ketuntasan hanya 51.85 % pada siklus II terjadi peningkatan
yang sangat signifikan yaitu nilai rata-rata 71.11 dengan ketuntasan 85.19%
mencapai angka KKM, dimana KKM untuk mata pelajaran adalah ≥65 sementara
indikator kinerja dalam penilitian ini adalah ≥75 %. Selanjutnya motivasi siswa
dalam pembelajaran simulasi terdapat peningkatan yang cukup signifikan dimana
pada siklus I dengan 6 item indikator penilaian yang diajukan nilai ketuntasannya
barada para taraf minimun dibawah 75% pada siklus I seperti 45%, 42,6%, 44,3%,
43%, 44,3% dan 41%, dengan persentase total 43.37% sedangkan pada siklus II
meningkat di atas 75% yakni 75%, 76.3%, 76.3%, 76%, 77,7%dan 77% dengan
persentase total 76.4%. Penelitian ini di sebabkan adanya kesesuaian antara materi
ajar pendekatan pembelajaran, strategi, serta perlengkapan pembelajaran sehinngga
yang pada akhirnya disimpulkan bahwa penggunaan metode simulasi dalam
pembeajaran dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa
Tidak tersedia versi lain