Fak. Tarbiyah
HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONA DENGAN PRESTASIBELAJAR AQIDAH AKHLAK SISWA DI MTS AL-ISTIQOMAH BAMBAEA KECAMATAN POLEANG TIMUR KABUPATEN BOMBANA
ABSTRAK
Dahira “Hubungan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar aqidah akhlak siswa di MTs Al-Istiqomah Bambaea Kec. Poleang Timur Kabupaten Bombana” (dibimbing oleh St. Aisyah Mu’min, S.Ag, M.Ag)
Penelitian ini berjudul “Hubungan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar aqidah akhlak siswa di MTs Al-Istiqomah Bambaea Kec. Poleang Timur Kabupaten Bombana”. Oleh sebab itu masalah utama yang ingin di bahas dalam skripsi ini adalah adakah hubungan yang positif antara kecerdasan emosional dan Prestasi belajar aqidah akhlak siswa di MTs Al-Istiqomah Bambaea Kec. Poleang Kabupaten Bombana ?. dengan tujuan untuk mengetahui hubungan yang positif antara kecerdasan emosional dan Prestasi belajar aqidah akhlak siswa di MTs Al-Istiqomah Bambaea Kec. Poleang Kabupaten Bombana l.
Jenis penilitian yang digunakan penulis adalah metode kuantitatif dengan pola analisis statistic deskriptif dan statistic inferensial. Metode analisis deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan data yang diperoleh dilapangan. Sedangkan statistic inferensial digunakan untuk menghitung seberapa jauh signifikansi hubungan antar variabel berdasarkan data yang ada. Penelitian ini dilakukan di MTs Al-Istiqomah Bambaea Kec. Poleang Timur Kabupaten Bombana. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas II dan II berjumlah 60 orang, jumlah tersebut menjadi sampel total dalam penelitian ini. Data diperoleh dengan metode angket dan diolah dengan metode kuantitatif deskriptif dan inferensial.
Dari hasil penelitian diketahui bahwa siswa di MTs Al-Istiqomah Bambaea Kecamatan Poleang Timur telah menunjukkan keceradasan emosional yang baik, karena telah sesuai dengan hasil tanggapan mayoritas siswa MTs Al-Istiqomah Bambaea Kecamatan Poleang Timur. Tanggapan siswa berdasar pada pengamatan siswa tentang aspek psihis, pengetahuan, sikap dan sosial yang ditunjukkan oleh siswa di MTs Al-Istiqomah Bambaea Kecamatan Poleang timur. Selain itu, siswa MTs Al-Istiqomah Bambaea Kecamatan Poleang Timur memiliki prestasi belajar akidah akhlak yang tinggi (baik) berdasarkan gambaran data tersebut di atas, hal ini berarti siswa telah menunjukkan penguasaan yang baik terhadap materi pelajaran. Berdasarkan uji signifikansi diketahui bahwa diketahui nilai r hitung adalah 0,83, maka nilai ini lebih besar jika dibandingkan dengan nilai r tabel pada N= 60 dengan derajat kepercayaan α = 0,05 adalah 0,250. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa hipotesis alternatif (Ha) yaitu terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar akidah akhlak siswa MTs Al-Istiqomah Bambaea diterima.
.
Tidak tersedia versi lain