Fak. Tarbiyah
PENGARUH PENGGUNAAN METODE HALAQAHTERHADAP MINAT BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SMPIT AL-QALAM KENDARI
ABSTRAK
Radius, NIM. 12010101097 “Pengaruh Penggunaan Metode Halaqah Terhadap Minat Belajar PAI siswa SMPIT Al-Qalam Kendari ”. (Dibimbing oleh Drs. Amri, M.Th.I dan Jumarddin La Fua, S.Si., M.Si).
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan penggunaan metode halaqah di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Al-Qalam, dan untuk menggambarkan minat belajar siswa SMPITAl-Qalam Kendari serta untuk membuktikan apakah ada pengaruh atau tidak penggunaan metode halaqah terhadap minat belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Al-Qalam Kendari.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas, VII, dan VIII SMPIT Al-Qalam yang berjumlah 66 orang siswa yang ditentukan secara sampling jenuh. Penelitian ini menggunakan metode angket dan ditabulasi kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif presentase dan analisis inferensial yang ditempuh dengan uji normalitas data dan analisis regresi dengan bantuan tabel ANOVA.
Penggunaan metode halaqah padasiswa kelas VII dan VIII SMPIT Al-QalamKendari dapat dikatakan berpengaruh positif terhadap minat dalam mempelajari pendidikan Islam, metode pembelajaran yang digunakan oleh guru memiliki peranan yang penting terhdap minat belajar siswa.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Penggunaan metode halaqah siswa SMPIT Al-QalamKendari, tergolong Selalu dengan skor rata-rata 75.64, skor terendah sebesar 49, skor tertinggi sebesar 96, dan standar deviasi 11.64.Minat belajar siswa kelas VII dan VIII SMPIT Al-Qalam Kendari, tergolong sering dengan skor rata-rata 75.15, nilai terrendah sebesar 56 dan nilai tertinggi sebesar 98, dan standar deviasi 8.04.jadi penggunaan metode halaqah padasiswa kelas VII dan VIII SMPIT Al-QalamKendari dapat dikatakan berpengaruh positif terhadap minat.
Tidak tersedia versi lain