Fak. Tarbiyah
PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI MELALUI PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DI KELAS II SD NEGERI 8 KASIPUTE KABUPATEN BOMBANA
ABSTRAK
Mappe Nim. 14010101020. “Peningkatan Hasil Belajar PAI Melalui Penggunaan
Media Audio Visual di Kelas II SD Negeri 8 Kasipute Kabupaten Bombana”
melalui bimbingan Syahrul Marham, S.Pd.I, M.Pd.
Pembelajaran seringkali mengalami banyak hambatan sehingga pesan-pesan
pembelajaran tidak dipahami dengan baik oleh siswa. Untuk itu, diperlukan media
pembelajaran untuk membantu siswa memahami materi pelajaran. Diantara jenis
media yang dapat digunakan dalam pembelajaran adalah media audio visual. Media
audio visual sangat baik untuk digunakan di kelas karena media tersebut dapat
merangsang fungsi indra pendengaran dan penglihatan sekaligus. Karena itu, peneliti
tertarik untuk menggunakan media audio visual untuk meningkatkan hasil belajar
siswa di kelas II SD Negeri 8 Kasipute.
Masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan
media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI
di Kelas II SD Negeri 8 Kasipute Kabupaten Bombana.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (Classroom
Action Reserch). Prosedur penelitian ini dilaksanakan secara berdaur dan terdiri dari
dua siklus pembelajaran. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan
teknik tes dan observasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif
kualitatif dan analisis statistik deskriptif.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa penggunaan media audio visual
dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajara PAI di kelas II SD Negeri
8 Kasipute Kabupaten Bombana. Hal itu berdasarkan atas hasil evaluasi belajar yang
menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari satu siklus ke siklus
berikutnya. Sebelum pelaksanaan tindakan, nilai rata-rata siswa sebesar 69,25 dengan
persentasee ketuntasan sebesar 70%, namun setelah pelaksanaan tindakan pada siklus
I nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 74,40 dan persentase ketuntasan belajar juga
meningkat menjadi 85% dari keseluruhan siswa. Pada siklus II nilai rata-rata siswa
menjadi 76,50 dan persentase ketuntasan belajar mencapai 100%. Pencapaian
tersebut, telah melampaui indikator kinerja penelitian yaitu “75% siswa mengalami
ketuntasan belajar” sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian dapat
diterima yang artinya penggunaan media audio visual dapat meningkatkan hasil
belajar siswa pada mata pelajaran PAI di kelas II SD Negeri 8 Kasipute.
Tidak tersedia versi lain