Fak. Tarbiyah
PENERAPAN COLLABORATIVE LEARNING MELALUI PERMAINAN MENCARI GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS V DI SDN TABANGGELE KECAMATAN ANGGALOMOARE KABUPATEN KONAWE
ABSTRAK
Utami Anggun Pertiwi, Nim 12010104013, Penerapan Collaborative Learning Melalui Permainan Mencari Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V di SDN Tabanggele Kecamatan Anggalomoare Kabupaten Konawe, Pendidikan Guru Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari, Dosen Pembimbing (I) Ir. H. Ety Nur Inah, M.Si dan Pembimbing (II) Dr. Ros Mayasari M.Si
Hasil belajar siswa kelas V SDN dalam pembelajaran IPA masih tergolong rendah, hal ini disebabkan oleh guru masih sering menggunakan metode konvensional dalam menyampaikan materi pembelajaran sehingga suasana belajar membosankan dan hanya berpusat pada guru. Untuk mengantisipasi hal tersebut dibutuhkan adanya penggunaan model pembelajaran yang bervariasi, model pembelajaran Collaborative Learning melalui permainan mencari gambar menjadi salah satu pilihan yang digunakan peneliti untuk meningkatkan proses dan hasil belajar siswa. Sehingga yang menjadi tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Tabanggele dengan menerapkan Collaborative Learning melalui Permainan Mencari Gambar.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan di SDN Tabanggele. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 22 orang terdiri dari 9 siswa perempuan dan 13 siswa laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dengan waktu 2 x 35 menit tiap pertemuan. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu lembar observasi untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model Collaborative Learning ,dokumentasi dan soal tes untuk mengetahui hasil belajar siswa pada setiap akhir siklus. Dengan indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu jika 80 % siswa yang mendapatkan nilai ≥70.
Berdasarkan hasil observasi, evaluasi dan refleksi pada setiap tindakan siklus yang telah diuraikan maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model collaborative learning melalui permainan mencari gambar pada semester genap, khususnya pada siswa kelas V SDN Tabanggele menunjukan adanya peningkatan hasil belajar dengan nilai rata-rata siswa setelah tindakan siklus 1 meningkat dibandingkan dengan nilai tes awal, yakni dari 57.72 menjadi 71.05 dengan presentase kenaikan sebesar 31.82%. Namun belum mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu 80% siswa memperoleh nilai ≥70. Selanjutnya nilai rata-rata siswa setelah tindakan siklus 2 meningkat dibandingkan dengan nilai rata-rata siklus 1, dari 71.05 menjadi 78.36 dengan presentase peningkatan sebesar 18.18% kenaikan persentase pada siklus 2 ini telah memenuhi indikator kinerja yang telah ditetapkan yaitu 80% siswa telah mendapat nilai minimal 70. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan Collaborative Learning melalui permainan mencari gambar berpengaruh positif bagi aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Tabanggele.
Kata Kunci : Collaborative Learning, Permainan Mencari Gambar, Hasil Belajar.
Tidak tersedia versi lain