Fak. Tarbiyah
PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PAEDAGOGIK GURU PAI DI SMP NEGERI 26 POLEANG TIMUR KECAMATAN POLEANG TIMUR KABUPATEN BOMBANA
ABSTRAK
FATMAWATI. NIM: 12010103033.’Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor dalam Meningkatkan Kompetensi Paedagogik Guru PAI di SMP Negeri 26 Poleang Timur kec. Poleang Timur, Kab. Bombana.’Dibimbing Oleh Dra. Hj. St. Fatimah Kadir, MA.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi paedagogik guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 26 Poleang Timur dan peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru PAI di SMP Negeri 26 Poleang Timur.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi penelitian SMP Negeri 26 Poleang Timur Kabupaten Bombana. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, interview dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menelaah seluruh data, reduksi data, display data dan verifikasi terhadap data yang berhasil dikumpulkan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kompetensi paedagogik guru PAI di SMP Negeri 26 Poleang Timur dilakukan dapat diaktegorikan baik berdasarkan 4 (empat) indikator, yaitu pemahaman karakeristik peserta didik, mengenal teori-teori belajar, penggunaan metode yang variatif, dan penerapan evaluasi belajar. 2) Peran Kepala Sekolah sebagai Supervisor (pengawas) dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru PAI di SMP Negeri 26 Poleng Timur menunjukan peningkatan kualitas guru dalam proses belajar mengajar yang dilakukan dengan melakukan evaluasi, observasi, bimbingan, memberikan motivasi serta memberikan dorongn kepada guru agar lebih baik lagi untuk kedepannya.
Tidak tersedia versi lain