Fak. Tarbiyah
MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BONEKA TANGAN PADA ANAK KELOMPOK B1 TK BAADIA KOTA BAUBAU
ABSTRAK
Yerlin, NIM KL. 140101001047. Meningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Penggunaan Media Boneka Tangan Pada Anak Kelompok B1 TK Baadia Kota Baubau.
(DibimbingolehDr. Hj. Nurseha Gazali, M.Si)
Adapunpermasalahannyaadalahapakahmelaluipenggunaan media bonekatangandapatmeningkatkanketeramplanberbicaraanakkelompok B1TkBaadia Kota Baubau.
Tujuanpenelitianiniuntuk meningkatkan keterampilan berbicara anak melalui penggunaan media boneka tangan pada anak kelompok B1 TK Baadia Kota Baubau.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif yang menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini sebanyak 14 orang anak yang terdiri dari 8 orang anak laki-laki dan 6 orang anak perempuan. Objek penelitian ini adalah keterampilan berbicara melalui media boneka tengan.Metode yang digunakandalampenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas (PTK), Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila keterampilan berbicara anak telah mencapai lebih dari 75% dengan kriteria baik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan pada keterampilan berbicara melalui penggunaan media boneka tangan pada anak kelompok B1 TK Baadia Kota Baubau. Hasil observasi yang dilakukan saat pratindakan menunjukkan bahwa keterampilan berbicara anak mencapai 52,3% dengan kriteria cukup. Pada siklus I meningkat menjadi 60,2% dengan kriteria cukup dan pada siklus II meningkat mencapai 78,1% dengan kriteria baik. Hal ini menjelaskan penggunaan media boneka tangan dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada anak Kelompok B1 TK Baadia Kota Baubau.
Tidak tersedia versi lain