Fak. Tarbiyah
Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Dengan Menggunakan Media Kartu Huruf Di Klompok A Taman kanak-Kanak Negeri Pembina Kota Bau-Bau
ABSTRAK
Nama : SAFIATI
NIM : KL. 14010101032
Judul : Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyyah Dengan menggunakan Media Kartu Huruf Pada Kelompok A Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Kota Baubau
Pembimbing : SITI AISYAH MU’MIN, S.Ag.,M.Pd
Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan anak mengenal huruf hijaiyyah sebelum dan sesudah menggunakan kartu huruf hijaiyyah, Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan anak mengenal huruf hijaiyyah sebelum dan sesudah menggunakan kartu huruf hijaiyyah, untuk mengetahui kendala dalam penggunaan kartu huruf hijaiyyah dalam mengenalkan huruf hijaiyyah, adanya pengaruh media kartu huruf hijayyah terhadap kemampuan anak mengenal huruf hijaiyyah di kelompok A Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Kota Baubau.
Hasil penelitian sebelum penggunaan media kartu huruf hijaiyyah kemampuan menyebutkan huruf hijaiyyah 1-7 dalam kategori berkembang sangat baik tidak ada, kategori berkembang sesuai harapan terdapat 1 anak (6,67%), kategori mulai berkembang terdapat 3 anak (20%), kategori belum berkembang terdapat 11 anak (73,33%), Menyebutkan huruf hijaiyyah secara acak yang kategori berkembang sangat baik tidak ada, kategori berkembang sesuai harapan terdapat 1 anak (6,67%), kategori mulai berkembang terdapat 2 anak (13,33%), kategori belum berkembang terdapat 12 anak (80%) sedangkan aspek menyebutkan huruf hijaiyyah secara baik dan benar dalam kategori berkembang sangat baik tidak ada, kategori berkembang sesuai harapan terdapat 1 anak (6,67%), kategori mulai berkembang terdapat 1 anak (6,67%), dan kategori belum berkembang terdapat 13 anak (86,66%). Sesudah perlakuan menggunakan kartu huruf hijaiyyah, kemampuan menyebutkan huruf hijaiiyah 1-7 untuk kategori berkembang sangat baik) terdapat 7 anak (46,67%), untuk kategori berkembang sesuai harapan terdapat 2 anak (13,33%), kategori mulai berkembang terdapat 3anak (20%), dan untuk kategori Belum Beerkembang terdapat 3 anak (20%). Menyebutkan huruf hijaiyyah secara acak yang kategori BSB terdapat 6 anak (40), kategori berkembang sesuai harapan terdapat 3 anak (20%), kategori mulai berkembang terdapat 4 anak (26,67%), kategori belum berkembang terdapat 2 anak (13,33%) sedangkan aspek menyebutkan huruf hijaiyyah secara baik dan benar dalam kategori berkembang sesuai harapan 8 anak (53,33), kategori berkembang sesuai harapan terdapat 4 anak (26,67%), kategori Mulai Berkembang terdapat 2 anak (13,33%), dan kategori belum berkembang terdapat 1 anak (6,67%).
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kendala penggunaan kartu huruf hijaiyyah dikelompok A Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina yaitu, anak yang mempunyai kemampuan maksimal guru mengalami kesulitan dalam mengarahkannya karena sering mengganggu teman dan cenderung mengacaukan proses pembelajaran berlangsung, jadi ada pengaruh penggunaan media kartu huruf hijaiyyah karena terbukti adanya peningkatan sebelum penggunaan media kartu huruf hijaiyyah.
Tidak tersedia versi lain