Referensi
PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS VIIB SMP NEGERI I GU KEC. GU KAB. BUTON
ABSTRAK
DASRI YENI, NIM: 10010101065 “Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIIB SMP Negeri 1 Gu Kecamatan Gu Kabupaten Buton “ Program Studi Pendidian Agama Islam Jurusan Tarbiyah melalui bimbingan Dr.Husain Insawan M.Ag sebagai Pembimbing I dan Jumarddin La Fua, S.Si.M.Si. sebagai Pembimbing II.
N J
Pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam telah diteliti di SMP Negeri 1 Gu, Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VIIbSMP Negeri 1 Gu dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw.
Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas. Karakteristik yang khas dari penelitian tindakan kelas adalah adanya tindakan (aksi). Objek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Gu yang berjumlah 32 orang yang terdiri dari 17 orang laki-laki dan 15 orang perempuan.sebagai indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah minimal 80% siswa telah memperoleh nilai 70 sesuai dengan KKM yang ditetapkan disekolah.prosedur dalam penelitian tindakan kelas ini yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi yang dilakukan dalam dua siklus. Tekhnik pengumpulan data hasil belajar diambil dengan cara memberikan tes kepada siswa setelah selesai tindakan, dan pelaksanaan pembelajaran diperoleh dari hasil observasi selama pelaksanaan tindakan tiap siklus dengan menggunakan instrument observasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapdan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Hal ini dapat dilihat dari perolehan hasil belajar siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata 76,71 dengan tingkat ketuntasan mencapai 62,05%, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata siswa mencapai 84,06 dengan tingkat ketuntasan belajar mencapai 87,05%. Berdasarkan hasil observasi terhadap aktivitas guru diperoleh ketercapaian skenario pembelajaran pada siklus I sebesar 81,25% pada siklus II sebesar 93,75% dengan demikian ketuntasan belajar dapat tercapai pada siklus II
Kata kunci: Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam.
Tidak tersedia versi lain