Referensi
PENGARUH MINAT MEMBACA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQHI DI MADRASAH ALIYAH DDI LABIBIA KEC. MANDONGA KOTA KENDARI
ABSTRAK
Mercy Adrian Sawari. 07 010101 029. “Pengaruh Minat Membaca Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqhi di Madrasah Aliyah DDI Labibia Kec. Mandonga Kota Kendari”. Melalui bimbingan Dr. Abdul Kadir, M.Pd. dan Ibu Zulaeha, M.Ag.
Membaca merupakan kegiatan pokok yang sangat bermanfaat bagi kesuksesan belajar siswa. Melalui kegiatan membaca siswa dapat memperoleh informasi yang dibutuhkan, memberi penguatan terhadap informasi yang diketahuinya bahkan dapat mengembangkan cakrawala berpikirnya. Dari sini dapat dipahami bahwa ada pengaruh minat membaca terhadap prestasi belajar siswa.
Masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah apakah minat membaca berpengaruh langsung terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqhi di Madrasah Aliyah DDI Labibia Kec. Mandonga Kota Kendari
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa Madrasah Aliyah DDI Labibia. Penarikan sampel menggunakan teknik random sampling. Sampel penelitian ini sebanyak 31 orang. Pengambilan data menggunakan angket. Analisis menggunakan uji regresi linear sederhana.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa minat membaca siswa Madrasah Aliyah DDI Labibia berada pada kategori sedang. Berdasarkan hasil interpretasi nilai rata-rata = 66.6452 dengan persentase sebesar 66,65%, nilai tengah = 67 dengan persentase 67%, dan nilai yang sering muncul = 68 dengan persentase 68%, ketiga nilai perolehan tersebut berada pada kategori sedang. Prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqhi dikategorikan tinggi. Berdasarkan hasil interpretasi nilai rata-rata = 78,1290, nilai tengah = 78, dan nilai yang sering muncul = 78, ketiganya berada pada interval nilai 70-84 dengan kategori tinggi. Terdapat pengaruh minat membaca siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqhi di Madrasah Aliyah DDI Labibia. Berdasarkan hasil perbandingan thitung dengan ttabel, dimana thitung lebih besar dari ttabel (3,569 > 2,045) sehingga disimpulkan bahwa hubungan kedua variabel signifikan. Artinya ada pengaruh minat baca terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqhi di Madrasah Aliyah DDI Labibia.
Tidak tersedia versi lain