Referensi
KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PEMBINAAN PERSONALIA DI SMP NEGERI 2 PALANGGA KECAMATAN BAITO KABUPATEN KONAWE SELATAN
ABSTRAK
Nama, Rahma, Nim, 09010103003 Judul:“Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam pembinaan Personalia di SMP Negeri 2 Palangga Kec. Baito Kab. Konawe Selatan ” (dibimbing oleh: Dr. Husain Insawan, M .Ag dan Jabal Nur, S. Ag, M. Pd)
Skripsi ini membahas tentang kepemimpinan Kepala Sekolah dalam pembinaan Personaliadi SMP Negeri 2 palangga Kecamatan Baito Kabupaten Konawe Selatan. Dengan Fokus Penelitian yaitu : 1) Peran kepemimpinan kepala sekolah di SMP Negeri 2 Palangga Kecamatan Baito Kabupaten Konawe Selatan. 2) Bentuk-bentuk kepemimpinan Kepala Sekolah dalam pembinaan Personalian di SMP Negeri 2 Palangga Kecamatn baito Kaupaten Konawe Selatan. Sehingga dari fokus penelitian tersebut maka rumusan masalahnya adalah: 1) Bagaimana peran kepemimpinan kepala sekolah dalam pembinaan Personalia di SMP Negeri 2 Palangga Kecamatan Baito Kabupaten Konawe Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kepemimpinan kepala sekolah di SMP Negeri 2 Palangga Kecamtan baito Kabupaten konawe selatan. 2) untuk mengetahui pembinaan personalia, di SMP Negeri 2 Palangga Kecamatan Baito Kabupaten Konawe Selatan dan 3) untuk mengetahui kepemimpinan kkepala sekolah dalam pembinaan personalia di SMP Negeri 2 Palangga Kecamatan Baito Kabupaten Konawe Selatan.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik observsi, kepada objek yang diteliti, wawancara dan dokumentasi. Pengelolaan data yaitu dengan pengumpulan data, hasil penelitian berdasarkan data-data yang didapatkan di lapangan secara objektif.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah di SMP Negeri 2 palangga dapat dikategorikan sangat baik, selanjutnya dapat diuraikan bahwa kepala SMPN 2 Palangga melaksanakan tugas kepemimpinannya secara baik. Hal ini terlihat pada pemberian kesempatan kepada staf untuk melaksanakan tugas mereka dengan mandiri. Pemimpin yang bertipe demokratis menafsirkan kepemimpinannya bukan sebagai diktator, malainkan sebagai pemimpin yang berada ditengah-tengah anggota kelompoknya, ia selalu berpangkal pada kepentingan dan kebutuhan kelompoknya, dan mempertimbangkan kesanggupan serta kemampuan kelompoknya. Terbukti bahwa manajemen kepala sekolah yang demokratis di SMP Negeri 2 Palangga benar-benar telah dikelola sendiri oleh pihak sekolah dan kepala sekolah memberikan kesempatan pada guru dan staf untuk melaksanaan untuk melaksanakan tugsnya, kepala sekolah di SMP Negeri 2 Palangga yang demokratis selalu mau menerima pendapat staf, guru dan bahkan mengharapkan pendapat dan saran-saran dari bawahannya. kepalah sekolah juga seing mengdakan.kepal sekolah juga rutin mengadakan pembinaan staf 2 kali sebulan dengan jumah guru dan staf 21 orang dan 3 orang sebagai staf dan 18 orang sebagai guru termasuk kepala sekolah dan wakil kepala sekolah,mereka Saling berbagi informasi dan pengalaman melalui pembinaan yang sering dilaksanakan oleh kepala sekolah.
Tidak tersedia versi lain