Referensi
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI PADA SISWA KELAS IV SDN 07 ABELI KOTA KENDARI
ABSTRAK
IHLAS, Nim 10010101032. “Penerapan Metode Pembelajaran Role Playing dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI Siswa Kelas IV SDN 07 Abeli” (dibimbing Ibu Dra. Hj. St. Fatima Kadir, M.A)
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah penerapan metode pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar PAI kelas IV di SDN 07 Abeli. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam kelas IV di SDN 07 Abeli?”
Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian tindakan kelas. Karakteristik yang khas dari penelitian tindakan kelas yakni adanya tindakan-tindakan tertentu untuk memperbaiki proses belajar mengajar di kelas adapun Prosedur penelitian tindakan kelas ini direncanakan terdiri atas dua siklus, setiap siklus dilaksanakan sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai seperti pada faktor-faktor yang diselidiki. Prosedur penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus. Siklus penelitian tindakan kelas terdiri atas beberapa tahapan yakni 1) perencanaan (planning), 2) pelaksanaan tindakan (action), 3) observasi dan evaluasi (observation and evaluation), 4). Refleksi (reflektion).
Berdasarkan hasil observasi, evaluasi dan refleksi pada setiap siklus tindakan yang telah diuraikan pada bab sebelumnya maka dapat disimpulkan bahwa; dalam menyajikan/menyampaikan materi pelajaran PAI pada siswa kelas IV SD Negeri 07 Abeli Kota Kendari pada Tahun Pelajaran 2012/2013 dengan menggunakan metode Role Playing, maka hasil belajar siswa dapat ditingkatkan. Hal ini ditunjukkan pada hasil belajar siswa setelah tindakan siklus I meningkat jika dibandingkan dengan nilai tes awal, yaitu diperoleh skor rata-tata 67,82 dengan ketuntasan belajar 42,84% meningkat menjadi skor rata-rata 73,00 dengan ketuntasan mencapai 78,00%, Selanjutnya pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi skor ata-rata 72,12 dengan ketuntasan belajar mencapai 92,80%. Dengan demikian, maka telah memenuhi indikator kinerja yang telah ditetapkan yaitu 80,00%, sehingga hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 07 Abeli Kota Kendari Tahun Pelajaran 2012/2013 dapat ditingkatkan melalui penggunaan metode Role Playing pada pokok bahasan Menceritakan Kisah Nabi.
Tidak tersedia versi lain