Referensi
POLA PENDIDIKAN ANAK PADA KELUARGA KURANG HARMONIS DI KELURAHAN ABELI KECAMATAN ABELI KOTA KENDARI
ABSTRAK
Marlina, Nim., 09010101047, Pola Pendidikan Anak Pada Keluarga Kurang Harmonis di Kelurahan Abeli Kecamatan Abeli Kota Kendari (Dibimbing oleh: Dr. Suprianto M. Ag, dan Dra. Hj. St. Fatimah Kadir, M.A).
Skripsi ini berjudul Pola Pendidikan Anak Pada Keluarga Kurang Harmonis di Kelurahan Abeli Kecamatan Abeli Kota Kendari, dengan permasalahan. a).Bagaimana pola pendidikan anak pada keluarga kurang harmonis di Kelurahan Abeli Kecamatan Abeli Kota Kendari?, b). Bagaiman kondisi keluarga kurang harmonis di Kelurahan Abeli Kecamatan Abeli Kota Kendari?
Tujuan penelitian ini adalah untuk menetahui pola pendidikan anak pada keluarga kurang harmonis di Kelurahan Abeli Kecamatan Abeli Kota Kendari. Untuk mengetahui kondisi keluarga kurang harmonis di Kelurahan Abeli Kecamatan Abeli Kota Kendari
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penentuan informan dilakukan dengan metode penunjukan kepada informan yang dianggap penting terkait dengan penelitian diantaranyan anggota masyarakat yang terhimpun dalam satu ikatan keluarga terdiri dari bapak, ibu dan anak, serta anggota masyarakat dengan profesi atau jabatan yang ditekuni terdiri dari camat, lurah, kepala desa, tokoh agama dan tokoh. Pengumpulan data menggunakan tekhnik observasi partisipan, wawancara mendalam, studi dokumentasi, sedangkan pengelolaan data ditempuh dengan teknik reduksi data, display data verifikasi data, kemudian diadakan pengecekkan keabsahan data dengan pendekatan trianggulasi (metode,waktu dan sumber), perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan dan member cek.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Pola pendidikan anak pada keluarga kurang harmonis di Kelurahan Abeli Kecamatan Abeli Kota Kendari diwujudkan dalam upaya keluarga mencerminkan dukungan (non materi), perhatian seadanya keluarga dengan melengkapi kebutuhan (fasilitas yang sifatnya materi pada beberapa kelaurga) dukungan tersebut diimplementasikan sinergis bersama lembaga pendidikan yang ada dalam lingkungan anak seperti, pembinaan atau pendidikan formal yang sifatnya terorganisasi melalui wadah yang dibentuk oleh masyarakat setempat, pembinaan pendidikan non formal berorientasi pada keteladanan orang tua bertujuan memberikan teladan yang baik kepada anak seperti shalat berjamaah, yasinan bersama, nasehat, hal tersebut mencerminkan karakter pola pendidikan demokratis. 2). Kurang harmonis keluarga di Kelurahan Abeli Kecamatan Abeli Kota Kendari dipengaruhi oleh faktor milliu atau lingkungan, ketersediaan dan keterbatasan waktu, dan keterbatasan ekonomi, yang senantiasa menghambat efektifitas pendidikan anak dalam lingkungan kelaurga.
Tidak tersedia versi lain