Referensi
PENINGKATANHASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATIONPADA KELAS IV B SDN ATARI INDAH KEC.LALEMBUU KAB.KONAWE SELATAN
ABSTRAK
NAMA : Subandi
NIM. : KL11010101013
Judul : Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran PendidikanAgama Islam Melalui MetodePembelajaran KooperatifGroup Investigation Pada Siswa Kelas IV B SDN Atari Indah Kec.Lalembuu Kab.Konawe Selatan
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar PAI pada materi Dzikir Dan Doa siswa Kelas IV B SDN Atari Indah Kecamatan Lalembuu KabupatenKonawe Selatan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untukmeningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi Dzikir Dan Doa setelah shalat dengan menggunakanMetode Pembelajaran Kooperatif Group Investigation.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ( PTK ), yang dilakukan oleh guru di dalam kelasnya sendiri melalui refleksi diri, dengan tujuan untuk memperbaiki kinerja sebagai guru, sehingga hasil belajar siswa menjadi meningkat. Dalam PTK ditekankan pada proses pelaksanaan pembelajaran yang baik dan benar, dengan harapan jika pelaksanaan pembelajaran dalam kelas itu baik dan benar maka hasil belajar siswa yang bersangkutan akan meningkat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa Kelas IV B SDN Atari Indah Kec. Lalembuu Kab. Konawe Selatan,yang diperoleh pada siklus I dan siklus II pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pokok bahasan Dzikir dan Doa sesudah salat terjadi peningkatan hasil belajar dari tes awal.
Sebelum diterapkannya model pembelajaran kooperatif Group Investigationpresentase hasil belajar sebesar 68,91 ( 47,82 % ) dan sesudah diterapkan naik menjadi 72,82 ( 69,65 % ) pada siklus I, namum belum mencapai indikator kinerja yang ditetapkan. Selanjutnya nilai rata – rata siswa pada siklus II meningkat dibandingkan dengan nilai rata – rata siklus I yaitu dari 72,82 ( 69,65 % ) menjadi 79,34( 91,30 % ) dan telah memenuhi indikator kinerja yang telah ditetapkan yaitu 70,00 ( 85 % ). Sehingga kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode Pembelajaran Kooperatif Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajarsiswa.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Metode Pembelajaran Kooperatif Group Investigation
Tidak tersedia versi lain