Referensi
HUBUNGAN GAYA BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PAI MURID SDN LAPOA KECAMATAN TINANGGEA KABUPATEN KONAWE SELATAN
ABSTRAK
Jaimah, Nim. 07 01 01 03 3. Hubungan Gaya Belajar dengan Prestasi Belajar PAI Murid Sekolah Dasar Negeri Lapoa Kecamamtan Tinanggea Kabupaten Konawe Selatan.
(Dibimbing oleh : Dr. H. Nur Alim, M. Pd dan Dra. Hj. St. Kuraedah, M. Ag).
Skripsi ini mengkaji hubungan gaya belajar dengan Prestasi Belajar PAI murid Sekolah Dasar Negeri Lapoa Kecamamtan Tinanggea Kabupaten Konawe Selatan dengan permasalahan a). Bagaimana gaya belajar murid di Sekolah Dasar Negeri Lapoa? b). Bagaimana Prestasi Belajar pendidikan agama Islam murid di Sekolah Dasar Negeri Lapoa? c). Apakah terdapat hubungan gaya belajar dengan Prestasi Belajar PAI murid Sekolah Dasar Negeri Lapoa?.
Masalah ini dikaji secara ilmiah melalui pendekatan kuantitatif, dengan tujuan penelitian untuk a). Mengetahui gaya belajar murid di Sekolah Dasar Negeri Lapoa. b). Mengetahui Prestasi Belajar pendidikan agama Islam murid di Sekolah Dasar Negeri Lapoa dan c). Mengetahui hubungan gaya belajar murid dengan Prestasi Belajar pendidikan agama Islam murid di Sekolah Dasar Negeri Lapoa.
Populasi penelitian yang berjumlah 113 murid tersebar pada kelas III, IV, V, VI dan ditarik dengan teknik random sampling berdasarkan rumus Taroyamane atau Solvin. Presisi yang ditetapkan sebesar 10%. Dengan demikian, sampel berjumlah 53 responden. Teknik pengumpulan data ditempuh dengan menggunakan angket dan dokumentasi dalam melengkapi data penelitian, kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis inferensial.
Berdasarkan analisis deskriptif, data gaya belajar murid di Sekolah Dasar Negeri Lapoa menunjukan kategori tinggi. Analisis deskriptif Prestasi Belajar PAI murid di Sekolah Dasar Negeri Lapoa menunjukan kategori tinggi. Analisis inferensial menunjukan terdapat hubungan gaya belajar dengan Prestasi Belajar PAI murid Sekolah Dasar Negeri Lapoa dengan ditemukannya rxy= 0,299 diinterpretasikan secara kasar dengan memperhatikan hasil rxy = 0,299, rh ≥ rt (0,299 ≥ 0,270) dan berkisar antara +0,10 s/d +0,29. Dengan demikian diinterpretasikan bahwa hubungan variabel X dengan Y itu termasuk tingkat hubungan positif yang tak berarti, dengan konstribusi Variabel X dengan variabel Y = 8,94% yang selebihnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Tidak tersedia versi lain