Referensi
PENGARUH MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs DARUL ULUM AHUHU KECAMATAN MELUHU KABUPATEN KONAWE
ABSTRAK
Amir Saefudin “Pengaruh Media Gambar Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di MTs Darul Ulum Ahuhu Kecamatan Meluhu Kabupaten Konawe” (dibimbing Ibu Dra. Hj. Nurseha Gazali, M. Si dan Ibu Ir. Hj. Ety Nur Inah, M. Si)
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Media Gambar Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di MTs Darul Ulum Ahuhu Kecamatan Meluhu Kabupaten Konawe”. Masalah utama yang ingin di bahas dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh yang positif media gambar terhadap kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MTs Darul Ulum Ahuhu Kecamatan Meluhu Kabupaten Konawe?. dengan tujuan untuk mengetahui seberapa kuat pengaruh media gambar terhadap kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MTs Darul Ulum Ahuhu Kecamatan Meluhu Kabupaten Konawe.
Penelitian ini mengkaji dua variabel yakni variabel bebas (X), yaitu media gambar dan variabel terikat (Y) yaitu kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran fiqih. Dengan demikian yang menjadi sumber data primer adalah siswa MTs Darul Ulum Ahuhu. Peneliti mengambil 15% dari populasi yang berjumlah 198 anak, maka diperoleh jumlah sampel sebesar 30 siswa. Metode pengumpulan data adalah quisioner (angket) secara dominan dan didukung oleh metode dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis deskriftif dan inferensial.
Dari hasil penelitian diketahui bahwa media gambar di MTs Darul Ulum Ahuhu telah digunakan dengan baik dan maksimal, karena guru telah mampu memanfaatkan sumber daya sekolah baik fisik atau non fisik untuk menyampaikan pesan pembelajaran, meliputi media audio, visual dan audio visual. Selain itu, siswa MTs Darul Ulum Ahuhu telah memiliki kemandirian belajar yang masuk dalam kategori baik dan maksimal, karena siswa MTs Darul Ulum Ahuhu telah mampu belajar sendiri, menentukan cara belajar yang efektif dan melaksanakan tugas belajar dengan baik. Berdasarkan analsis inferensial bahwa terdapat pengaruh yang positif antara media gambar terhadap kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MTs Darul Ulum Ahuhu Kabupaten Konawe. Sesuai dengan nilai r hitung adalah 0,874, nilai ini lebih besar jika dibandingkan dengan nilai r tabel pada α = 0,05 (5%) adalah 0,361.
Tidak tersedia versi lain