Referensi
PENINGKATAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW SISWA KELAS V SDN LAROWIU KECAMATAN MELUHU KABUPATEN KONAWE
ABSTRAK
Suharna. NPM 09010101155. Peningkatan Hasil Belajar Akidah Akhlak Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Siswa Kelas V SDN Larowiu Kecamatan Meluhu Kabupaten Konawe. (Dibimbing oleh Bapak DR. H. Nur Alim, M.Pd sebagai pembimbing I dan Bapak Aliwar, S.Ag. M.Pd, sebagai pembimbing II)
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar akidah akhlak melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw siswa kelas V SDN Larowiu Kecamatan Meluhu Kabupaten Konawe.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Larowiu Kecamatan Meluhu Kabupaten Konawe, pada bulan Mei sampai dengan Julii 2013. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas V SDN Larowiu Kecamatan Meluhu Kabupaten Konawe. Jumlah siswa sebanyak 12 orang, masing-masing terdiri dari 7 orang siswa perempuan dan 5 orang laki-laki.
Penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk memperbaiki kinerja, sifatnya kontekstual dan hasilnya tidak untuk digeneralisasi, namun hasilnya dapat diterapkan oleh orang lain yang memiliki latar belakang mirip dengan peneliti.
Adapun hasil dari penelitian ini adalah hasil belajar akidah akhlak siswa kelas V SDN Larowiu dapat ditingkatkan melalui pembelajaran kooperatif model jigsaw hingga 91,67% siswa menguasai minimal 66% materi yang diajarkan. Hal ini dibuktikan dari hasil siklus I rata-rata siswa (68,58) lebih tinggi dari hasil tes pratindakan (64,42). Hasil belajar siswa meningkat 4,16 poin dan ketuntasan belajar secara klasikal meningkat menjadi 48%. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus II semakin meningkat dengan dibuktikan dengan nilai rata-rata yang dicapai siswa pada siklus II adalah 86,25 lebih tinggi 17,67 poin dari siklus I dan ketuntasan belajar secara klasikal meningkat menjadi 91,67%.
Tidak tersedia versi lain