Referensi
HUBUNGAN PEMBERIAN PENGHARGAAN TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA M ATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 5 KENDARI
ABSTRAK
Harmina “Hubungan Pemberian Penghargaan Tserhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam SMA Negeri 5 Kendari” (dibimbing Dr. Suprianto, M.Ag dan Raehang, S.Ag, M.Pd.I)
Penelitian ini berjudul “Hubungan Pemberian Penghargaan Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 5 Kendari”. Peneliti tertarik melakukan penelitian ini, karena peneliti menemukan gambaran fakta yang dijelaskan guru PAI SMAN 5 Kendari bahwa pada pembelajaran PAI di SMAN 5 Kendari, minat belajar siswa semakin membaik dan meningkat, sejalan dengan itu guru PAI menerapkan prinsip pemberian penghargaan dalam pembelajaran. Oleh sebab itu, peneliti ingin membuktikan, keterkaitan antara keduanya,
Masalah utama yang ingin dibahas dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan yang positif antara pemberian penghargaan dengan minat belajar siswa di SMAN 5 Kendari ?. dengan tujuan untuk mengetahui seberapa kuat hubungan antara pemberian penghargaan terhadap minat belajar siswa di SMAN 5 Kendari.
Penelitian ini mengkaji dua variabel yakni variabel bebas (X), yaitu pemberian penghargaan dan variabel terikat (Y) yaitu minat belajar siswa. Dengan demikian yang menjadi sumber data primer adalah siswa SMAN 5 Kendari. Peneliti mengambil 10% dari populasi yang berjumlah 547 anak, maka diperoleh jumlah sampel sebesar 55 siswa. Metode pengumpulan data adalah quisioner (angket) secara dominan dan didukung oleh metode dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis deskriftif dan inferensial.
Dari hasil penelitian diketahui bahwa Pemberian penghargaan di SMAN 5 Kendari telah dilaksanakan dengan baik dan maksimal, hal ini sesuai dengan tanggapan mayoritas siswa bahwa sebanyak 31 (56,36%) responden menyatakan bahwa proses pemberian penghargaan di SMAN 5 Kendari telah dilaksanakan dengan baik. Selain itu, siswa SMAN 5 Kendari memiliki minat belajar yang tinggi (baik) berdasarkan mayoritas tanggapan responden, hal ini sesuai tanggapan mayoritas siswa bahwa sebanyak 50 (90,9%) siswa memiliki minat belajar yang sangat baik dan hanya 5 (9,1%) siswa SMAN 5 Kendari memiliki minat belajar yang tergolong baik. Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pemberian penghargaan dengan minat belajar siswa SMAN 5 Kendari, karena nilai t hitung lebih besar dibandingkan dengan nilai t tabel (12,5>2,021).
Tidak tersedia versi lain