Referensi
PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH ALIYAH NEGERI KONDA KABUPATEN KONAWE SELATAN
ABSTRAK
Jaenab, NIM. 09010101009, Judul: Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Negeri Konda Kabupaten Konawe Selatan, (Dibimbing Oleh: Dra. Hj. Nurseha Gazali, M.Si dan Drs. Muh. Shaleh, M.Pd)
Bimbingan belajar merupakan seperangkat usaha bantuan kepada peserta didik agar dapat membuat pilihan, mengadakan penyesuaian, dan memecahkan masalah pendidikan dan pengajaran atau belajar yang dihadapinya. Bimbingan belajar adalah bimbingan dalam hal menemukan cara yang tepat dalam mengatasi kesulitan belajar, dan dalam memilih jenis atau jurusan yang sesuai. Hasil belajar adalah hasil dari suatu kegiatan yang telah dilakukan atau dikerjakan oleh siswa. Hasil belajar merupakan taraf keberhasilan murid atau santri dalam mempelajari materi pelajaran di sekolah atau pondok pesantren dinyatakan dalam bentuk skor yang diperoleh dari hasil tes mengenai sejumlah materi pelajaran tertentu.
Penelitian ini adalah penelitian korelasional yang menganalisis pengaruh bimbingan belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di Madrasah Aliyah Negeri Konda Kabupaten Konawe Selatan. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Konda Kabupaten Konawe Selatan pada bulan Juli 2013 sampai September 2013 dengan jumlah sampel 26 siswa.
Teknik pengumpulan data variabel bimbingan belajar dilakukan dengan angket, dan pada variabel hasil belajar dilakukan dengan menggunakan studi dokumen, yakni melihat nilai raport siswa. Analisis data deskriptif dilakukan dengan menghitung mean, median, modus, standar deviasi, varians, dan rentangan data. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan perhitungan Product Moment Pearson dan pengujian signifikansi menggunakan uji F.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bimbingan belajar memiliki pengaruh terhadap hasil belajar sebesar 0,73 masuk dalam kategori kuat. Besar kontribusi bimbingan belajar terhadap hasil belajar sebesar 53,29%. Perhitungan signifikansi menunjukkan bahwa nilai F hitung = 15,71 > F tabel pada α = 0,05 = 4,22, sehingga dapat disimpulkan bahwa bimbingan belajar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar Madrasah Aliyah Negeri Konda Kabupaten Konawe Selatan.
Tidak tersedia versi lain