Referensi
STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA BAITUL MAAL WATTAMWIL (BMT) AMANAH CABANG KOTA KENDARI
ABSTRAK
Nurlaela NIM. 09020103016, Judul Skripsi “Strategi Pengembangan Usaha BMT Amanah Cabang Kota Kendari” Jurusan Syariah Program Studi Ekonomi Islam Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Sultan Qaimuddin Kendari, Dibimbing Dr.Muhammad Hadi. M. HI dan Umi Rohmah, S. HI. M. Si
Skripsi ini berjudul “Strategi Pengembangan Usaha BMT Amanah Cabang Kota Kendari”. Pokok kajian skripsi ini adalah perkembangan usaha BMT Amanah dan bagaimana strategi pengembangan usaha BMT Amanah Cabang Kota Kendari Sulawesi Tenggara sebagai sektor usaha mikro. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan usaha BMT Amanah Cabang Kota Kendari Sulawesi Tenggara dan untuk mengetahui strategi apa saja yang diterapkan oleh BMT Amanah Cabang Kota Kendari Sulawesi Tenggara dalam pengembangan usahanya sebagai sektor usaha mikro.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pengembangan usaha BMT Amanah Cabang Kota Kendari Sulawesi Tenggara. Subyek dari penelitian ini adalah manajer, karyawan dan nasabah, sementara obyek penelitian ini adalah strategi BMT Amanah dalam upaya untuk mengembangkan usahanya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Selain itu, teknik dokumentasi digunakan untuk melengkapi data-data dari observasi dan wawancara. Kemudian data yang terkumpul dianalisa dengan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi dengan menggunakan teknik trianggulasi sumber sebagai keabsahan datanya.
Hasil penelitian yang diperoleh yaitu bahwa BMT Amanah Cabang Kota Kendari Sulawesi Tenggara mengalami perkembangan yang sangat cepat terlihat dari perkembangan aset, nasabah, karyawan, dan gedung kantornya yang terus mengalami peningkatan dari awal didirikannya sampai dengan saat ini. BMT Amanah dalam operasional usahanya senantiasa menjunjung tinggi kualitas pelayanan terbaik serta terjun langsung kelapangan menjemput nasabah untuk memberikan pengetahuan dan pelatihan mengenai BMT Amanah kepada masyarakat mikro dan kecil. Sedangkan strategi yang digunakan dalam pengembangan usaha BMT Amanah yaitu dengan visi dan misi yang jelas, memperbanyak jumlah masyarakat yang mendapatkan manfaat dari akses pembiayaan yang diberikan, penerapan atas nilai-nilai kejujuran, tanggung jawab dan produktivitas yang meningkat dari pembiayaan yang diberikan harus menjadi parameter yang BMT Amanah perhatikan melebihi parameter financial semata. Sehingga setiap aktivitas BMT Amanah dapat berjalan dengan lancar dan menetapkan tujuan usaha yang mendatang dengan pendekatan-pendekatan struktur, teknologi, inovasi, kemitraan dan SDMnya.
Kata kunci: Strategi, BMT Amanah, perkembangan usaha, usaha kecil.
Tidak tersedia versi lain