Referensi
HUBUNGAN ANTARA PEMBERIAN HUKUMAN DENGAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA SMA NEGERI 5 KENDARI KECAMATAN BARUGA KOTA KENDARI
Penelitian ini berjudul “Hubungan Antara Pemberian Hukuman Dengan Kedisiplinan Belajar Siswa SMA Negeri 5 Kendari Kecamatan Baruga Kota Kendari”. Masalah utama yang ingin di bahas dalam skripsi ini adalah apakah terdapat hubungan antara pemberian hukuman dengan kedisiplinan belajar siswa di SMA Negeri 5 Kendari ?. dengan tujuan untuk mengetahui seberapa kuat hubungan yang diberikan antara pemberian hukuman dengan perubahan pada variable kedisiplinan belajar siswa di SMA Negeri 5 Kendari.
Penelitian ini mengkaji dua variabel yakni variabel bebas (X), yaitu pemberian hukuman dan variabel terikat (Y) yaitu kemandirian belajar pada siswa di SMA Negeri 5 Kendari. Populasi dalam penulisan ini adalah siswa kelas XI dan XII, SMA 5 Kendari yang berjumlah 445 orang, karena pada umumnya siswa kelas X belum terlalu mengetahui secara mendalam penerapan tata tertib sekolah di SMA Negeri 5 Kendari, lalu peneliti menetukan besarnya sampel sebanyak 10% dari populasi yaitu 44 siswa. Metode pengumpulan data adalah quisioner (angket) secara dominan dan didukung oleh metode dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis deskriftif dan inferensial.
Dari data penelitian ini diketahui bahwa partisipasi komite sekolah di SDN Lambusa telah dilaksanakan dengan baik dan maksimal, karena telah dilaksanakan dengan berperan dalam memberi pertimbangan dalam mengambil keputusan, mendukung kegiatan positif yang hendak dilaksanakan sekolah dan mengontrol serta mengawasi pelaskanaan kebijakan di sekolah. Selain itum murid SDN Lambusa memiliki prestasi belajar yang tinggi (baik) dengan nilai rata-rata komulatif 73,7, nilai tertinggi yang dapat diperoleh murid adalah 90 dan terendah adalah 63. Dari hasil analisis inferensial diketahui bahwa terdapat pengaruh yang positif antara partisipasi komite sekolah terhadap prestasi belajar murid pada bidang studi PAI di SDN Lambusa Kabupaten Konawe Selatan. Sesuai dengan uji hipotesis bahwa nilai t hitung adalah 9,625, nilai ini lebih besar jika dibandingkan dengan nilai ttabel dengan df : n-2 (30-2 : 28) pada α = 0,05 adalah 2,042.
.
Tidak tersedia versi lain