Referensi
PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA DI SMP NEGERI 2 KOLONO KECAMATAN KOLONO KABUPATEN KONAWE SELATAN
Hasil belajar yang baik adalah keinginan setiap siswa. Namun untuk mencapai hal itu, banyak faktor yang mempengaruhi. Baik faktor yang berasal dari siswa itu sendiri maupun dari luar diri siswa. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajarnya adalah kebiasaan belajar siswa. Kebiasaan belajar siswa yang dapat mempengaruhi pencapaian hasil belajar antara lain siswa belajar hanya pada saat ujian, siswa kurang perhatian terhadap pelajaran, siswa kurang konsentrasi terhadap pelajaran dan usaha-usaha belajar lainnya. Berdasarkan masalah tersebut penulis melakukan penelitian yang berjudul Pengaruh Kebiasaan Belajar terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam siswa di SMP Negeri 2 Kolono Kecamatan Kolono Kabupaten Konawe Selatan. yang bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara kebiasaan belajar terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam siswa di SMP Negeri 2 Kolono Kec. Kolono Kab. Konawe Selatan.
Metode penelitian yang digunakan adalah jenis metode penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi, dan angket. Penelitian ini menggunakan sampel 10% siswa dari populasi 344 orang siswa, dengan demikian jumlah sampel dalam penelitian ini yakni 34 orang siswa.
Hasil penelitian ini adalah: (1) berdasarkan deskriptif data Kebiasaan belajar siswa di SMP Negeri 2 Kolono 65% siswa dari sampel berada pada kategori tinggi sekali dan 32% kategori rendah dan 1% kategori sedang. (2) analisis deskriptif hasil belajar PAI Siswa di SMP Negeri 2 Kolono dari semua sampel terdapat 15% berada pada kategori tinggi sekali dan 79% kategori tinggi dan 6% kategori sedang. (3) Pada pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: Analisis koefisien korelasi Product moment ditemukan harga r hitung diketahui = 0,461 dikonsultasikan dengan harga r tabel pada taraf signifikansi 5% = 0,349 berarti rh > rt (0,461 = 0,349) pada taraf signifikansi 5% (lihat tabel standar nilai r product moment) sebagai konsekuansinya hipotesis statistic Hi : r ≠ 0 diterima dan hipotesis statistic yang menyatakan H0 : r = 0 ditolak karena r hitung > r tabel.
Tidak tersedia versi lain