Referensi
PENGARUH PENERAPAN MODEL CONTEKSTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATA PELAJARAN FIKIH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Studi Eksperimen di MTsN 1 Wanci Kabupaten Wakatobi)
Penelitian pengaruh penerapan model Contextual Teaching and Learning pada mata pelajaran fikih terhadap hasil belajar siswa bertujuan untuk mengetahui aktivitas siswa dan guru pada penerapan model Contextual Teaching and Learning di kelompok eksperimen. Selanjutnya mengetahui perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan model Contextual Teaching and Learning serta mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model Contextual Teaching and Learning dengan yang menggunakan model konvensional.
Dalam proses pelaksanaan pembelajaran hanya berpusat pada guru, dan siswa menjadi pendengar pasif. Pembelajaran hanya berorientasi pada ketuntasan dan penguasaan materi, padahal tuntutan KSTP sekarang siswa harus banyak berperan dan guru sebagai fasilitator, pada umumnya pembelajaran konvensional paling banyak digunakan oleh guru. Oleh karena itu peneliti melakukan eksperimen dengan model Contextual Teaching and Learning.
Penelitian ini bersifat eksperimen, yang menggambarkan penerapan model Contekstual Teaching and Learning pada mata pelajaran fikih terhadap hasil belajar siswa di MTsN 1 wanci kabupaten wakatobi. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII MTsN 1 Wanci yang terdaftar pada tahun ajaran 2011-2012 yang jumlah siswa 125 orang, sedangkan sampel penelitian ini adalah kelas VIIIa sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIIIb sebagai kelompok kontrol yang ditetapkan dengan cara purposive sampling.
Hasil observasi pengamat menunjukkan bahwa aktivitas siswa senantiasa mengalami peningkatan mulai dari perlakuan I (152), perlakuan II (191), dan perlakuan III (275). Sementara aktivitas guru berusaha untuk sepenuhnya menerapkan model pembelajaran yang diajarkan, ini terlihat dari perlakuan I (34), perlakuan II (41) dan perlakuan III (48). Hasil belajar siswa (kelompok eksperimen) sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran berbeda secara signifikan. Hasil uji Wilcoxon memperoleh nilai significancy 0,000 (p < 0,05) maka dapat dikatakan bahwa “Terdapat Perbedaan Hasil Belajar Siswa Sebelum dan Sesudah Penerapan Model Contextual Teaching and Learning”. Hasil belajar siswa yang menggunakan model Contextual Teaching and Learning berbeda secara signifikan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model konvensional. Hasil uji Mann-Whitney memperoleh nilai significancy 0,000 (p < 0,05) maka dapat disimpulkan bahwa “Ada Perbedaan Hasil Belajar Siswa Antara yang Menggunakan Model Contextual Teaching and Learning Dengan yang Menggunakan Model Konvensional”.
Tidak tersedia versi lain