Referensi
PENGARUH PENGAWASAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA DI SMPN 10 KENDARI
Prestasi belajar merupakan indikator keberhasilan siswa dalam belajar di sekolah. Prestasi belajar yang tinggi menunjukkan tingkat keberhasilan belajar yang tinggi, demikian pula sebaliknya. Prestasi belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik internal maupun faktor eksternal. Diantara faktor penting yang dapat mempengaruhi prestasi belajar adalah faktor keluarga dalam hal ini orang tua. Pengawasan orang tua terhadap aktifitas belajar anak diduga dapat mempengaruhi pencapaian prestasi belajar anak. Untuk menguji kebenaran asumsi tersebut, penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan topik “Pengaruh Pengawasan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa di SMPN 10 Kendari”.
Masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah bagaimana kondisi objektif pengawasan orang tua siswa di SMP Negeri 10 Kendari, bagaimana kondisi objektif prestasi belajar pendidikan agama Islam di SMP Negeri 10 Kendari, apakah terdapat pengaruh pengawasan orang tua terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa di SMPN 10 Kendari.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yaitu penelitian yang menggunakan analisis statistik. Tekhnik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui uji regresi linear sederhana dan uji korelasi product moment dengan menggunakan sistem komputerisasi dengan memanfaatkan aplikasi SPSS 16.
Pengawasan orang tua siswa SMPN 10 Kendari berada pada kategori baik. Berdasarkan nilai mean = 62.311, median= 61, dan mode = 73 yang berada pada kategori baik. Prestasi belajar siswa SMPN 10 Kendari berada pada kategori baik. Berdasarkan nilai mean = 78.422, median= 78, dan mode = 75 yang berada pada kategori baik. Terdapat pengaruh pengawasan orang tua terhadap prestasi belajar siswa di SMPN 10 Kendari. Hasil uji korelasi product moment menunjukkan nilai koefisien korelasi (r-hitung) 0.404 > r-tabel 0.304, sehingga Ho ditolak dan H1 diterima. Bentuk hubungan kedua variabel bersifat linear yang dapat digambarkan dalam model persamaan regresi Y = 62.229 + 0.260 X. Kontribusi variabel pengawasan orang tua terhadap prestasi belajar sebesar 16.30%, sedangkan sisanya sebesar 83.70% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diamati.
Tidak tersedia versi lain