Referensi
PENGARUH KOMPETENSI PAEDAGOGIK GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI KONDA KABUPATEN KONAWE SELATAN
Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi paedagogik guru dan minat belajar siswa dan untuk mengetahui pengaruh antara kompetensi paedagogik guru terhadap minat belajar siswa di MAN Konda Kabupaten Konawe Selatan.
Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri Konda Kabupaten Konawe Selatan. Sedangkan waktu penelitian dilakukan dari bulan agustus sampai bulan oktober.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif, populasinya adalah seluruh siswa kelas XI dan XII MAN Konda Kabupaten Konawe Selatan yang berjumlah 178 orang. Karena jumlah populasinya lebih dari 100, maka hanya sebagian yang akan dijadikan sebagai sampel penelitian ini yaitu 20% dari jumlah populasi sehingga sampel penelitian sebanyak 35 orang. Tehnik pengumpulan data yang digunakan angket, dokumentasi dan wawancara, kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial.
Hasil penelitian ini diperoleh data bahwa; 1) Kompetensi paedagogik guru di MAN Konda Kabupaten Konawe Selatan menunjukkan bahwa dari 35 responden yang diteliti, terdapat 11 responden atau 31,43% memberikan respon bahwa kompetensi paedagogik guru pendidikan agama Islam memiliki kategori sangat tinggi, 20 responden atau 57,14% berada pada kategori tinggi dan 4 responden atau 11,43% berada pada kategori sedang. Hal ini menunjukkan bahwa kompetensi paedagogik guru pendidikan agama Islam berdasarkan tanggapan responden pada umumnya memiliki kategori tinggi. 2) Minat belajar siswa di MAN Konda Kabupaten Konawe Selatan, yaitu; dari 35 responden yang diteliti, semua responden atau 100% memiliki kategori tinggi. Hal ini berarti minat belajar PAI siswa secara jelas berada pada kategori tinggi , dan 3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi paedagogik guru pendidikan agama Islam terhadap minat belajar siswa di MAN Konda Kabupaten Konawe Selatan. Hal ini diukur berdasarkan hasil analisis data bahwa; nilai rhitung = 0,407 > nilai rtabel = 0,349 pada taraf signifikan 5% arinya terdapat pengaruh yang positif, sedangkan nilai thitung = 2,844 > nilai ttabel = 1,697 pada taraf signifikan 5% yang artinya signifikan. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) yang diterima, berarti terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kompetensi paedagogik guru pendidikan agama Islam terhadap minat belajar siswa di MAN Konda Kabupaten Konawe Selatan. Sedangkan besarnya pengaruh/kontribusi antara variabel X dengan variabel Y adalah 13,1% dan sisanya ditentukan oleh faktor lain.
Tidak tersedia versi lain