Referensi
PENERAPAN STRATEGI TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SISWA KELAS VI SD NEGERI 05 KENDARI BARAT
Penerapan Strategi Two Stay Two Stray (TSTS) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) telah diteliti pada siswa kelas VI SD Negeri 05 Kendari Barat, dari tanggal 29 Agustus 2012 sampai dengan tanggal 5 September 2012. Permasalahan yag dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Apakah strategi Two Stay Two Stray (TSTS) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas VI SD Negeri 05 Kendari Barat, (2) Apakah strategi Two Stay Two Stray (TSTS) dapat meningkatkan aktivitas guru kelas VI SD Negeri 05 Kendari Barat ketika mengajar menggunakan strategi Two Stay Two Stray (TSTS) dan (3) Apakan strategi Two Stay Two Stray (TSTS) dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa kelas VI SD Negeri 05 Kendari Barat?
Jenis penelitian ini adalah menggunaka rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari beberapa rangkaian siklus kegiatan dimana setiap siklus meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis secara deskriptif kualitatif yang bersumber dari lembar observasi dan lembar kerja siswa.
Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dapat meningkatkan aktifitas siswa dan guru serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari hasil setelah tindakan, yakni aktivitas siswa memiliki rata-rata 3,8, aktivitas guru memiliki rata-rata 3,4 dan ketuntasan belajar secara perorangan maupun secara klasikal mencapai 92%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Two Stay Two Stray (TSTS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa kelas VI SD Negeri 05 Kendari Barat.
Tidak tersedia versi lain