Referensi
PENERAPAN METODE COOPERATIVE SCRIPT DALAM MENINGKATKAN KREATIFITAS BELAJAR PAI SISWA KELAS V SDN I LALONGGASUMEETO KABUPATEN KONAWE
Skripsi ini membahas tentang “Penerapan Metode Cooperative Script Dalam Meningkatkan Kreatifitas Belajar PAI Siswa Kelas V SDN I Lalonggasumeeto kabupaten konawe. Dengan tujuan penelitian untuk meningkatkan kreatifitas belajar pendidikan agama islam dengan menggunakan metode cooperative script siswa kelas V SDN I Lalonggasumeeto
Adapun yang menjadi sampel penelitian ini adalah siswa kelas V SDN I Lalonggasumeeto yang berjumlah 14 orang yaitu 9 orang perempuan dan 5 orang laki - laki
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Karakteristik yang khas dari penelitian ini adanya tindakan - tindakan tertentuuntuk memperbaiki proses belajar mengajar di kelas adapun prosedur penelitian tindakan kelas ini terdiri dari tiga siklus. Siklus penelitian tindakan kelas ini terdiri atas bebepara tahap yakni perencanan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi.
Berdasarkan Hasil observasi, evaluasi dan refleksi pada tiap siklus tindakan maka dapat di simpulkan bahwa, terjadi peningkatan kreatifitas belajar siswa SDN I Lalonggasumeeto melalui penggunaan metode cooperative script. Meskipun pada siklus I dan II belum mencapai indikator yang di tentukan yaitu 70 %. Hal ini di tunjukkan pada hasil observasi setiap siklus, pada siklus I hasil observasi kreatifitas belajar siswa hanya mencapai 55,35% kemudian di lanjutkan pada siklus II kreatifitas belajar siswa meningkat menjadi 69,63%. Dan belum mencapai indikator yang di inginkan kemudian di lanjutkan pada siklus III hasil lembar observasi kreatifitas belajar menunjukkan peningkatan yaitu 85,71%. Dan pada siklus III ini mencapai indikator yang di tentukan. Persentase peningkatan pada siklus I ke siklus II yaitu 14,28% sedangkan pada siklus III yaitu 16,08 %.
Tidak tersedia versi lain