Referensi
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI METODE MAKE A MATCH PADA MURID KELAS 4 SDN BATUMEA KECAMATAN WAWONII TENGAH KABUPATEN KONAWE
Skripsi ini merupakan hasil penelitian tentan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran Make A Match pada SD Negeri Batumea Kecamatan Wawonii tengah kabupaten Konawe permasalahan dibatasi pada Apakah penerapan metode pembelajaran Kooperatif tipe Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada murid kelas IV di SD Negeri Batumea Kecamatan Wawonii Tengah Kabupaten Konawe?”
Setting penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan metode pembelajaran Make A Match, yang dalam proses pelaksanaannya dilakukan dengan proses pembelajaran terdiri dari empat tahap yaitu; “merencanakan, melakukan tindakan, observasi dan evaluasi, serta melakukan refleksi, adapun tehnik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan statistik deskriptif yang dimaksudkan untuk memberikan gambaran peningkatan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran Make A Match melalui lembar obsevasi.
Berdasarkan hasil penelitian dalam hal ini dari hasil observasi, evaluasi dan refleksi pada setiap siklus tindakan yang telah diuraikan pada bab sebelumnya maka dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan pembelajaran Make A Match pokok pembahasan sifat Jaiz bagi Allah semester ganjil khususnya di kelas IV SD Negeri Batumea Kecamatan Wawonii Tengah Kabupaten Konawe Tahun Pelajaran 2012/2013, bahwa hasil belajar siswa dapat ditingkatkan. Hal ini ditunjukkan pada nilai siswa setelah tindakan siklus I meningkat dibandingkan dengan nilai tes awal yakni 68,25 menjadi 73,20, namun belum mencapai indikator kinerja yang telah ditetapkan. Selanjutnya nilai rata-rata siswa setelah siklus II meningkat dibandingkan dengan nilai rata-rata siklus I yang dari 73,20 menjadi 79,65 dan telah memenuhi indikator kinerja yang telah ditetapkan yaitu 85% siswa telah mendapat nilai minimal 70,00.
Tidak tersedia versi lain