Referensi
PEMANFAATAN MEDIA VISUAL DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SD NEGERI 1 DIMBA KABUPATEN KONAWE
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan secara ilmiah tentang “Pemanfaatan Media Visual dalam Pembelajaran PAI di SD Negeri 1 Dimba Kabupaten Konawe”. Pada hakikatnya media pembelajaran merupakan salah satu komponen pembelajaran yang mempunyai peranan penting dalam kegiatan belajar mengajar. Kehadiran media sangat diharapkan guna menciptakan suasana belajar yang efektif dan efisien. Pemanfaatan media harus mendapatkan perhatian dari guru sebagai fasilitator dalam setiap kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu, guru perlu mempelajari cara menetapkan media khususnya media visual dalam pembelajaran guna mengefektifkan pencapaian tujuan pembelajaran.
Masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah bagaimana kondisi objektif pemanfaatan media visual di SD Negeri 1 Dimba Kabupaten Konawe?, Bagaimana urgensi pemanfaatan media visual dalam pembelajaran PAI di SD Negeri 1 Dimba Kabupaten Konawe?, dan Hambatan-hambatan apa saja yang dialami oleh guru dalam menggunakan media visual pada pembelajaran PAI di SD Negeri 1 Dimba Kabupaten Konawe?. Sasaran penelitian tentang masalah ini ialah kepala sekolah, para guru, serta para siswa yang berada di SD Negeri 1 Dimba.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis deskriptif tentang kejadian di lapangan. Penelitian ini akan mengungkapkan secara sistematis dan faktual tentang pemanfaatan media visual dalam pembelajaran PAI di SD Negeri 1 Dimba Kabupaten Konawe. Metode pengumpulan data dalam penelitan ini dilakukan dengan tekhnik observasi, wawancara serta dokumentasi yang selanjutnya dilakukan analisis data berdasarkan prosedur kualitatif yaitu reduksi data, display data, verifikasi data dan dilanjutkan dengan pengecekan keabsahan data melalui triangulasi sumber, triangulasi tekhnik dan triangulasi waktu.
Berdasarkan hasil penelitian, terungkap bahwa pemanfaatan media visual dalam pembelajaran PAI di SD Negeri 1 Dimba masih menggunakan media-media visual tradisional, berupa buku pelajaran PAI dan LKS (Lembar Kerja Siswa), papan tulis serta media gambar/poster. Selanjutnya, urgensi pemanfaatan media visual dalam pembelajaran PAI di SD Negeri 1 Dimba yaitu penyampaian dan penjelasan materi ajar kepada peserta didik dengan mudah dapat dipahami disebabkan siswa akan mengetahui secara konkrit hal-hal yang masih bersifat abstrak dengan bantuan media visual. Media visual juga digunakan untuk membangkitkan motivasi belajar yang tinggi terhadap siswa dalam menerima setiap pelajaran yang disampaikan. Sedangkan hambatan-hambatan guru dalam memanfaatkan media dalam pembelajaran PAI di SD Negeri 1 Dimba yaitu: 1. Kurangnya daya inovasi guru, 2. Adanya ketidakperdulian terhadap perkembangan IPTEK, dan 3. Kurangnya sarana dan prasarana pendukung yang ada di sekolah.
Tidak tersedia versi lain