Referensi
Penmgaruh Penerapan MOdel Contekstual Teaching And Learning Pada Mata Pelajaran Fikih Terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Eksperimen di MTsN 1 Wanci Kabupaten Wakatobi).
Dalam proses pelaksanaan pembelajaran hanya berpusat pada guru, dan siswa menjadi pendengar. pembelajaran hanya berorientasi pada ketuntasan dan penguasaan materi, padahal tuntutan KTSP sekarang siswa harus banyak berperan dan guru sebagai fasilitator, pada umumnya pembelajaran konvesional paling banyak digunakan oleh guru. oleh karena itu peneliti melakukan eksperimen dengan model contekstual teaching and learning. Penelitian ini bersifat eksperimen, yang menggambarkan penerapan model Contekstual teaching and learning pada mata pelajaran fikih terhadap hasil belajar siswa di MTsN 1 Wanci. populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas Vlll MTsN 1 Wanci yang terdaftar pada tahun ajaran 2011/2012 yang jumlah siswa 125 orang, sedangkan sampel penelitian adalah kelas Vlll a sebagai kelompokeksperimen dan kelas Vlll b sebagai kelompok kontrol yang ditetapkan dengan cara purposive sampling. Hasil observasi pengamat menunjkan bahwa aktifitas siswa senantiasa mengalami peningkatan mulai dariperlakuan 1 (152), perlakuan ll (191), dan perlakuan lll (275). sementara aktivitas guru berusaha untuk sepenuhnya menerapkan model pembelajaran yang diajarkan, ini terlihat dari perlakuan 1 (34), perlakuan ll (41), perlakuan lll (48). Hasil Belajar siswa (kelompok eksperimen) sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran berbeda secara signifikan....
Tidak tersedia versi lain