Referensi
Uapaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Melalui MOdel Pembelajaran Role Playing pada Bidang Studi PAI Di SDN 1 Pinggaluku Kecamatan Abuki Kabupaten Konawe
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan di SDN 1 Punggaluku Kecamatan Abuki Kabupaten Konawe, pada kelas V dengan jumlah 16 orang siswa, yang dilaksanakan dengan 2 siklus dengan tahapan perencanaan,pelaksanaan,observasi dan evaluasi serta refleksi. Dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan tekhnik pengumpulan data yaitu tes untuk mengumpulkan data tentang hasil belajar siswa, obervasi untuk mengumpulkan data tentang aktivitas belajar siswa dan aktivitas nengajar gurudenga menggunakan pembelajaran role Playing. Berdasarkan hasil penelitian bahwa melalui penerapan pembelajaran role playing pada mata pelajaran PAI Khususnya di kelas V SDN 1 Punggaluku Tahun Pelajaran 2011/2012, bahwa hasil belajar siswa dapat ditingkatkan. hal ini ditunjukan pada perolehan nilai evaluasi siswa setiap siklus, pada siklus 1 siswa memperoleh hasil belajar secara klasikal sebesar 61.11% dengan hasil belajar tersebut belum dianggap berhasil karena belum mencapai indikator kinerja yang telah ditentukan, sehingga dilanjutkan pada proses tindakan siklus ll, memperoleh hasil belajar secara klasikal sebesar 88,89% yaiut siswa memperoleh nilai minimal 75 sebanyak 16 orang dari 18 orang siswa.
Tidak tersedia versi lain