Referensi
Pengaruh Beban Kerja Guru Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Di SMPN Soropia Kabupaten Konawe
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, yaitu penelitian yang akan menganalisis secara kuantitatif melalui data-data yang diperoleh di lapangan. Sedangkan metode yang digunakan penbeliti dalam mengumpulkan data adalah metode observasi,Questionare,wawancara, dan metode dokumentasi. metode tersaebut kemudian akan dilanjutkan dengan pengolahan data-data secara valid. Berdasarka hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan beban kerja guru terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMPN Soropia. DEngan koefisien korelasi senilai 0,965 yang mendekati angka 1,000 menunjukan bahwa adanya pengaruh signifikan beban kerja guru terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam. kemudian koefisien determinasinya senilai 0,931 yang berarti besarnya sumbangan pengaruh beban kerja guru terhadap prestasi belajar siswa. Sedangkan nilai t tabel dengan menentukan tingkat kepercayaan dan sifat pengujian tertentu pada tingkat keyakinan 95%, dengan uji t bersifat duia arah,maka t statistik senilai 96,899 dan t tabelnya senilai 1,679. dengan demikian, nilai t hitung lebih besar >dari pada t tabel, maka dapat disimpulkan pula bahwa beban kerja guru sangat signifikan pengaruhnya terhadap prestasi belajar PAI di SMPN soropia Kabupaten KOnawe. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa semakin besar intensitas jam mengajar guru PAI, maka akan menungkatkan prestasi belajar siswa di SMPN Soropia, oleh karena itu guru dituntut untuk lebih banyak memberikan pengayaan,remedial dan ekstrakurikuler sehinggga prestasi belajar PAi semakin meningkat.
Tidak tersedia versi lain