Referensi
Implementasi Model Pembelajaran Ramah Guru Ramah Anak Pada Pendidikan Agama Islam Di MIN Wawosunggu Kecamatan Moramo Kabupaten KOnawe Selatan
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penentuan informan dilakukan dengan metode penunjukan kepada orang-orang tertentu yang dianggap penting terkait dengan penelitian diantaranya kepala sekolah , guru kelas, dan guru pendidikan agama Islam sekali gus siswa di MIN Wawosunggu Kecamatan Moramo Kabupaten Konawe Selatan.pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tekhnik observasi partisipan, wawancara mendalam, studi dokumentasi,sedangkan pengelolaan data ditempu dengan teknik analisis data sebelum di lapangan dan selama di lapangan menggunakan anlisis spradly dengan melakukan analisi domain,taksonomi,komponensial dan analisis tema kultural kemudian diadakan pengecekkan keabsahan data dengan pendekatan trianggulasi (metode,waktu dan Sumber), perpanjangan pengamatan ,peningkatan ketekunan dan member cek,disertai diskusi teman sejawat. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi model pembelajaran ramah guru ramah anak pada penelitian pendidikan agama Islam di MIN Wawosunggu Kecamatan Moramo diwujudkan dengan mencerminkan peebelajaran yang menyenangkan membuat siswa merasa betah serta nyaman. hal tersebut dapat dilihat dari sikap guru dan siswa yang ramahterhadap sesama ,proses pembelajaran yang efektif,penfgelolaan kelas,metode yang bervariatif dan lingkungan belajar kondusif dibentuk untuk mengakomodir karakter serta perkembngan kebutuhan belajar siswa,disamping itu penananman nilai nilai keislaman oleh guru ditempuh dengan sikap ramah anak dan ramah guru yang diformulasi menjelmakan kasih sayang layaknya orang tua kepada anaknya dan menjadi teladan bagi siswa.
Tidak tersedia versi lain