ABSTRAK Lusiani Siluddin, 09010103038. Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di SMAN 1 Tomia Kabupaten Wakatobi. Melalui bimbingan Dr. H. Nur Alim, M.Pd. dan Raehang, S.Ag., M.Pd.I Kepala sekolah memiliki peran yang strategis dalam rangka meningkatkan profesionalisme guru. Seberapa jauh kepala sekolah dapat mengoptimalkan segenap peran yang diembannya,…
Penelitian ini dikaji secara ilmiah melalui pendekatan kuantitatif, dengan tujuan unutk mengetahui deskripsi gaya kepemimpinan kepala sekolah di SMAN 1 Tinanggea Kabupaten KOnawe Selatan, deskripsi profesionalisme guru di SMAN 1 Tinanggea dan pebgaruh gaya kepemimpinan terhadap profesionalisme gurud di SMAN 1 Tinanggea Kabupaten KOnawe Selatan. Populasi penelitian berjumlah 19 orang sekaligus …
Terwujudnya tujuan lembaga pendidikan sangat berkaitan dengan individu yang ada di dalamnya seperti kepala sekolah, guru dan siswa serta sarana lainnya yang dapat menunjang keberhasilan dalam mengelola lembaga pendidikan tersebut. kemajuan pengetahun dan teknologi pendidikan ikut mempengaruhi kurikulum dalam pendidikan sehingga sangat ditekankan kepada setiap tenaga pendidik untuk senantiasa me…
Profesionalisme guru merupakan tuntutan yang harus dipenuhi bagi tenaga pendidik ditengah sorotan tajam mengenai eksistensi guru yang dianggap kurang memberi pengaruh positif terhadap peningkatan mutu lulusan. Profesionalisme guru memiliki peran penting dalam pembentukan kuallitas lulusan pendidikan. Hal tersebut didasarkan pada suatu asumsi bahwa profesionalisme guru akan memberikan pengaruh t…
Dilihat dari segi judul, maka sifat dan jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif, yaitu mendeskripsikan masalah yang diteliti yakni pengaruh profesional guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak di MAS Hubbul Wathan Toli-Toli Kecamatan Lalonggasumeeto Kabupaten Konawe. Data yang ditemukan akan dijabarkan dalam bentuk angka-angka, sehingga mencap…
Obyek penelitian ini adalah seluruh guru SMPN 1 Unaaha yang berjumlah 44 orang, jadi populasi penelitian ini adalah seluruh guru berjumlah 44 orang dan disebut penelitian populasi. variabel dalam penelitian ini adalah variabel X: profesionalisme guru, variabel Y: kreatifitas mengajar guru. tehnik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi,angket/quesioner,dan dokumentasi. adapun analisis …