ABSTRAK YULIA YASTIN, (2013) Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Student Teams Archievement Division (STAD) Pada Siswa Kelas IV SDN 12 Mandonga Kota Kendari (dibimbing oleh Aliwar, S.Ag., M.Pd). Skripsi ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk melakukan perbaikan pembelajaran di kelas, sebagaimana rumusan masalah d…
ABSTRAK Nama : Herlina NIM : KL 1101010100020: JUDUL :” Meningkatkan Hasil belajar PAI Melalui Model Pembelajaran Every One Is A Teacher Here pada Materi Kisah- Kisah Nabi Kelas V SDN 11 Kendari Barat’’ Masalah dalam penelitian ini bertitik tolak pada masalah rendahnya hasil belajar sisiwa karena tidak tepatnya atau belum digunakan model pembelajaran inovatif. Tujuan p…
Model pembelajaran kooperatf jigsaw mampu meningkatkan hasil belajar murid, hal ini terlihat pada perolehan nilai murid yang selalu mengalami peningkatan pada ssetiap taahapannya. ...
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur penelitian adalah (1)Perencanaan (2) Pelaksanaan Tindakan (3) Observasi dan evaluasi (4) refleksi. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. jenis data yang diperoleh adalah data kualitatif dan kuantitatif yang terdiri atas lembar observasi dan penilaian hasil belajar. sampel adalam penelitian ini adalah siswa …
Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2012/2013 di kelas 1V SDN 03 Abeli kota Kendari. subjek penelitian ini adalah siswa kelas 1V yang berjumlah 20 orang siswayang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran telah mencapai indikator keberhasilan yaitu 85% dari skenario pembelajaran guru dan siswaterlaksana den…
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas 9PTK) yang dalam proses pelaksanaanya dilakukan dengan empat tahap yaitu: Merencanakan,Melakukan Tindakan,Observasi, dan evaluasi serta refleksi dengan menggunakan strategi pembelajaran Learning Starts With a Question melalui lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian setiap siklus tindakan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa me…
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) pada Murid kelas V semester ganjil dengan jumlah 24 orang dan penelitian ini dikhususkan pada mata pelajaran PAI,dengan prosedur penilaian yaitu peencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi secara berulang selama 2 siklus. Berdasarkan hasil observasi,evaluasi dan refleksi pada setiap siklus tindakan yang telah diurai pada bab s…
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas Vb pada mata pelajaran PAI melalui pemanfaatan media random cards di SDN 03 Poasia. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang berdaur ulang/siklus 1 danll meliputih perencanaan ,pelaksanaan,observasi,dan refleksi. Data penelitian adalah aktifitas belajar dan hasil belajar siswa pada materi puasa…
Penelitian ini dapat menghasilkan beberapoa temuan: 1) Model Pembelajaran learning tobe question cukup efektif dalam memperbaiki proses pembelajaran terutama dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam, dimana murid dapat melihat banyak dalam proses belajar mengajar berlansung, seperti belajar mandiri dan adapt menanyakan hal-hal yang belum dipahaminya, sehingga dengan sendirinya mulai tercipta…
Skripsi ini mengangkat permasalahan apakah metode pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa pendidikan Agama Islam dengan materi ketentuan-ketentuan dalam shalat pada murid kelas IV SDN 3 Baruga Kota Kendari ?. Bertujuan untuk mengetahui apakah metode pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa pendidikan Agama Islam dengan materi ketent…
Hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa saat ini masih kurang. Indikasi ini dilibatkan oleh banyak tenaga pendidik yang menggunakan metode konvensional yang monoton dalam kegiatan pembelajaran di kelas sehingga suasana belajar terkesan kaku, motivasi anak kurang dan didominasi oleh guru. Mengatasi hal tersebut dibutuhkan adanya penerapan model pembelajaran yang bervariasi dan penggunaan med…
Permasalahan dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah menurunnya hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas V SD Negeri 2 Ranoeya Kabupaten Konawe, dari tes awal sebelum tindakan ketuntasan klasikal hanya mencapai 34,62%. Dari jumlah siswa sebanyak 26 yang mendapatkan nilai diatas 70 ada 9 siswa dan 17 siswa lainnya (65,38%) dengan nilai dibawah 70. Nilai rendah tersebut ka…
Salah satu aspek penting yang mempengaruhi keberhasilan belajar siswa di sekolah adalah berkaitan dengan proses pengelolaan pembelajaran oleh guru. Untuk itu, guru harus senantiasa mampu memilih dan menerapkan metode pembelajaran yang tepat agar dapat mengantarkan siswa dalam iklim belajar yang sehat dan menyenangkan, serta dapat memotivasi siswa untuk belajar sehingga hasil belajarnya dapat le…
Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Dengan Strategi Crosword Puzzle telah diteliti pada Siswa Kelas VI SD Negeri 02 Poasia Kecamatan Poasia Kota Kendari dari tanggal 25 Juli 2012 sampai dengan 26 September 2012. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah : (1) bagaimana penerapan strategi Crossword Puzzle dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada siswa kelas…
Jenis Penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (action research) dengan sasaran penelitian siswa kelas VI SDN Wawoone Kecamatan Wonggeduku sebanyak 20 siswa. Rancangan dalam penelitin meliputi 2 siklus, tiap siklus dilaksanakan untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum diberikan tindakan, sebagai bahan landasan dalam pembentukan nilai peningkatan hasil belajar siswa.prosedur penelitia…