ABSTRAK Mutmainnah, NIM.12030102005, Judul: Problematika Bimbingan Agama Islam (Studi bagi Lansia di Panti Sosial Tresna Werdha Minaula Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara), (Dibimbing oleh Ibu Dra. Rahmawati, M. Pd dan Bapak Akhmad Sukardi, S. Ag, M. Sos.I) Skripsi ini membahas tentang problematika bimbingan agama Islam bagi lansia di Panti Sosial Tresna Werdha Minaula Kendari Provinsi Sulawe…
ABSTRAK Dewi sartiwi, Nim 08 010101 018, Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Strategi Pembelajaran Questions Students Have Pada Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 2 Wakorumba Utara Kabupaten Muna, Dosen pembimbing I DRS. H. Pairin, MA dan Pembimbing II Jumarddin La Fua. S,Si. M,SI Hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa SMP Negeri 2 Wakorumba Utara saat ini masih kuran…
Bibl: hlm; 228 - 229
ABSTRAK YULIA YASTIN, (2013) Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Student Teams Archievement Division (STAD) Pada Siswa Kelas IV SDN 12 Mandonga Kota Kendari (dibimbing oleh Aliwar, S.Ag., M.Pd). Skripsi ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk melakukan perbaikan pembelajaran di kelas, sebagaimana rumusan masalah d…
hasil penelitian menunjukan bahwa di desa Kasumeia yang sebagian besar penduduknya bermata pencaharian pembuat batu merah dan peetani sawah makaa kesibukan mereka alami sangatlah banyak dan mereka tidak mempunyai waktu untuk memberikan arahan pemahaman tentang agama kepada anak merek di rumah seperti yang terjdi pada 20 keluarga yang ada di desa Kasumeia. ...
ABSTRAK Nama : Herlina NIM : KL 1101010100020: JUDUL :” Meningkatkan Hasil belajar PAI Melalui Model Pembelajaran Every One Is A Teacher Here pada Materi Kisah- Kisah Nabi Kelas V SDN 11 Kendari Barat’’ Masalah dalam penelitian ini bertitik tolak pada masalah rendahnya hasil belajar sisiwa karena tidak tepatnya atau belum digunakan model pembelajaran inovatif. Tujuan p…
Model pembelajaran kooperatf jigsaw mampu meningkatkan hasil belajar murid, hal ini terlihat pada perolehan nilai murid yang selalu mengalami peningkatan pada ssetiap taahapannya. ...
Metode penelitian yang digunakan adalah metode dengan jenis penelitian kuantitatif. dengan menggunakan teknis pengumpulan data yaitu: observasi, angket wawancara dan dokumentasi. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu: motivasi Pendidikan Agama Islam (X) dan pengamalan ibadah siswa sebagai variabel (Y). dari hasil penelitian bahwa motivasi belajar pendidikan agama Islam …
Abstrak Rohayani, 08010101049. Kesulitan Orang Tua dalam Meningkatkan Pendidikan Agama Islam Anak (Studi Kasus)di Desa Kasumeia Kecamatan Onembute Kabupaten Konawe (Dibimbing Oleh: Drs. Pairin, MA. Dan Dra. Marlina Gazali, M.Pd.I) Skripsi ini membahas tentang Kesulitan Orang Tua dalam meningkatkan pendidikan Agama Islam, dengan rumusan masalah sebagai berikut: Bagaimana bentuk kesulitan oran…
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur penelitian adalah (1)Perencanaan (2) Pelaksanaan Tindakan (3) Observasi dan evaluasi (4) refleksi. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. jenis data yang diperoleh adalah data kualitatif dan kuantitatif yang terdiri atas lembar observasi dan penilaian hasil belajar. sampel adalam penelitian ini adalah siswa …
Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2012/2013 di kelas 1V SDN 03 Abeli kota Kendari. subjek penelitian ini adalah siswa kelas 1V yang berjumlah 20 orang siswayang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran telah mencapai indikator keberhasilan yaitu 85% dari skenario pembelajaran guru dan siswaterlaksana den…
Penelitian ini Merupakan jenis penelitian Kuantitatif. menggunakan teknik pengumulan data yaitu Quesioner, dan studi dokumentasi. Dari hasil penelitian bahwa pemanfaatan buku teks pelajaran pendidikan agama Islam oleh siswa SMPN wangi-Wangi Selatan Kabupaten wakatobi berdasrkan hasil tabulasi angket yaitu 66,22. Prestasi belajar pendidikan agama Islam yang diajarka di SMPN 1 Wangi-Wangi Selatan…
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi, angket dan dokumentasi. metode pengelolaan data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial. Dari hasil penelitian yang terlihat bahwa bimbingan orang tua siswa SMPN 1 Bonegunu dapat dikategorikan "Tinggi" hal ini terlihat sebanyak 25 responden yan…
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas 9PTK) yang dalam proses pelaksanaanya dilakukan dengan empat tahap yaitu: Merencanakan,Melakukan Tindakan,Observasi, dan evaluasi serta refleksi dengan menggunakan strategi pembelajaran Learning Starts With a Question melalui lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian setiap siklus tindakan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa me…
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) pada Murid kelas V semester ganjil dengan jumlah 24 orang dan penelitian ini dikhususkan pada mata pelajaran PAI,dengan prosedur penilaian yaitu peencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi secara berulang selama 2 siklus. Berdasarkan hasil observasi,evaluasi dan refleksi pada setiap siklus tindakan yang telah diurai pada bab s…
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas Vb pada mata pelajaran PAI melalui pemanfaatan media random cards di SDN 03 Poasia. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang berdaur ulang/siklus 1 danll meliputih perencanaan ,pelaksanaan,observasi,dan refleksi. Data penelitian adalah aktifitas belajar dan hasil belajar siswa pada materi puasa…
Penelitian ini dapat menghasilkan beberapoa temuan: 1) Model Pembelajaran learning tobe question cukup efektif dalam memperbaiki proses pembelajaran terutama dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam, dimana murid dapat melihat banyak dalam proses belajar mengajar berlansung, seperti belajar mandiri dan adapt menanyakan hal-hal yang belum dipahaminya, sehingga dengan sendirinya mulai tercipta…
Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK)Penelitian ini dilaksanakan di SDN 05 Baruga, semester ganjil tahun pelajaran 2012/2013. penelitian ini dilaksanakan 2 siklus dengan materi beriman kepada hari akhir. subyek penelitian ini adalah siswa kelas Vl.A yang berjumlah 27 Siswa, terdiri dari laki-laki 15 orang dan perempuan 12 orang. teknik pengumpulan data yaitu wawancara,obse…
Metode penelitian yang digunakan adalah jenis metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan pola survei. teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi ,angket,dan dokumentasi.Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah anlisis korelasi product moment. Hasil perhitungan dengan menggunakan rumus korelasi product moment dan regresi sederhana ditemukan nilai rxy = 0,655…
Penelitian ini bertempat di SDN 3 Kasipute Kabupaten Bombana dengan jumlah populasi 50 orang murid dan sampel penelitian diambil seluruh jumlah populasi untuk dijadikan sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data digunakan angket dan dokumentasi, kemudian diolah dan dianaliis secara statistik dan inferensial yang selanjutnya dilakukan interpretasi data kemudian disimpulkan. Hasil penelit…
Masalah yang rentan terhadap objek yang menjadi kajian dalam penulisan ini maka terlihat bahwa tokoh agama senantiasa melakukan dakwah namun dari segi lain terlihat bahwa masih kurangnya kesadaran masyarakat terhadap manfaat dakwah tersebut sebab masih terdapat beberapa kejadian dimana masyarakat melanggar sendi-sendi kehidupan yang Islami antara lain seperti Judi (togel) miras dan sebagainya …
Skripsi ini mengangkat permasalahan apakah metode pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa pendidikan Agama Islam dengan materi ketentuan-ketentuan dalam shalat pada murid kelas IV SDN 3 Baruga Kota Kendari ?. Bertujuan untuk mengetahui apakah metode pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa pendidikan Agama Islam dengan materi ketent…
Skripsi ini membahas tentang Peran Guru Pendidikan Agama Islam sebagi Pebimbingan dan Konselor di SDN Bakutaru Kecamatan Moramo Kabupaten Konawe Selatan. Dengan permasalahan (1) Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai pembimbing dan konselor di SDN Desa Bakutaru Kecamatan Moramo Kabupaten Konawe Selatan, (2) Faktor-faktor apakah yang dapat menghambat peran guru Pendidikan Agama …
Sikripsi ini membahas tentang pengaruh metode demonstrasi terhadap prestasi belajar pendidikan agama islam siswa di SMPN 2 Mawasangka Kabupaten Buton. Fakta penelitian di temukan prestasi belajar pada bidang studi pendidikan agama islam belum secara maksimal. Permasalahanya terdapat dalam proses pembelajaran di SMPN 2 Mawasangka diduga merupakan salah satu faktor penyebabnnya. Oleh karena itu …
Hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa saat ini masih kurang. Indikasi ini dilibatkan oleh banyak tenaga pendidik yang menggunakan metode konvensional yang monoton dalam kegiatan pembelajaran di kelas sehingga suasana belajar terkesan kaku, motivasi anak kurang dan didominasi oleh guru. Mengatasi hal tersebut dibutuhkan adanya penerapan model pembelajaran yang bervariasi dan penggunaan med…
Permasalahan dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah menurunnya hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas V SD Negeri 2 Ranoeya Kabupaten Konawe, dari tes awal sebelum tindakan ketuntasan klasikal hanya mencapai 34,62%. Dari jumlah siswa sebanyak 26 yang mendapatkan nilai diatas 70 ada 9 siswa dan 17 siswa lainnya (65,38%) dengan nilai dibawah 70. Nilai rendah tersebut ka…
Salah satu aspek penting yang mempengaruhi keberhasilan belajar siswa di sekolah adalah berkaitan dengan proses pengelolaan pembelajaran oleh guru. Untuk itu, guru harus senantiasa mampu memilih dan menerapkan metode pembelajaran yang tepat agar dapat mengantarkan siswa dalam iklim belajar yang sehat dan menyenangkan, serta dapat memotivasi siswa untuk belajar sehingga hasil belajarnya dapat le…
Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Dengan Strategi Crosword Puzzle telah diteliti pada Siswa Kelas VI SD Negeri 02 Poasia Kecamatan Poasia Kota Kendari dari tanggal 25 Juli 2012 sampai dengan 26 September 2012. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah : (1) bagaimana penerapan strategi Crossword Puzzle dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada siswa kelas…
Skripsi ini membahas tentang implementasi pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAIKEM), dalam pembelajaran agama Islam di SMA Negeri 3 Kendari. adapun identifikasi masalah: bagaimana imlementasi pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAIKEM), dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 3 Kendari. Jenis penelitian ini adalah p…
Masalah utama yang dibahas dalam skripsi ini adalah “Apakah terdapat pengaruh pelaksanaan bimbingan penyuluhan terhadap pengamalan ajaran agama Islam Siswa MAN Konda Kabupaten Konawe Selatan ?“ dengan tujuan untuk mengetahui seberapa kuat pengaruh yang diberikan oleh pelaksanaan program bimbingan penyuluhan terhadap peningkatan indikator-indikator pada pengamalan ajaran agama Islam siswa MA…
Jenis Penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (action research) dengan sasaran penelitian siswa kelas VI SDN Wawoone Kecamatan Wonggeduku sebanyak 20 siswa. Rancangan dalam penelitin meliputi 2 siklus, tiap siklus dilaksanakan untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum diberikan tindakan, sebagai bahan landasan dalam pembentukan nilai peningkatan hasil belajar siswa.prosedur penelitia…
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan tekhnik pengambilan data melalui tekhnik stratified sampling pada satu kelas yakni kelas lV bertjumlah 12 orang siswa,Kelas V berjumlah 9 orang siswa dan kelas Vl berjumlah 15 orang siswa. sehingga keseluruhan sampel berjumlah 36 orang,Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Quisioner yang verisi daftar pertanyaan mengenai lig…