Fak. Tarbiyah
PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DI MTs NEGERI 1 KONAWE SELATAN
ABSTRAK
MARDIAH, Nim. 12010103059, “Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah di MTsN 1 Konawe Selatan”, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, melalui bimbingan Dr. Abdul Kadir, M.Pd
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan supervisi akademik di MTsN 1 Konawe selatan?, dan Faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat pelaksanaan kegiatan supervisi akademik kepala sekolah di MTsN 1 Konawe Selatan?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pelaksanaan supervisi akademik mempengaruhi profesionalisme guru-guru pendidikan Islam di MTsN 1 Konawe Selatan.
Penelitian ini merupakan penelitian dengan teknik analisis deskriptif yaitu menggambarkan sekaligus mengkaji kondisi nyata objek penelitian berdasarkan data-data autentik yang dikumpulkan. Adapun teknik dalam penentuan sumber data pada penelitian ini yaitu menggunakan teknik pusposive sampling. Data primer atau data utama yang diperoleh dari hasil wawancara para informan penelitian dan data sekunder atau data pendukung diperoleh dari hasil observasi lapangan, bahan dokumen sekolah dan bahan-bahan referensi perpustakaan yang relevan dengan penelitian.
Dalam penelitian ditemukan bahwa kepala sekolah MTsN 1 Konawe Selatan telah melaksanakan kegiatan supervisi akademik secara sistematis dan berkesinambungan diawali dari penyusunan instrumen supervisi, pelaksanaan supervisi, serta tindak lanjut hasil supervisi akademik. Dalam pelaksanaan supervisi tersebut, guru pendidikan Islam mendapatkan implikasi positif utamanya terkait dengan profesionalisme guru pendidikan Islam berupa peningkatan kualitas pelaksanaan pembelajaran pendidikan Islam. Selain itu, dalam penelitian pula ditemukan berbagai faktor yang mempengaruhi pelaksanaan supervisi akademik, yaitu faktor yang mendukung dan faktor yang menghambat pelaksanaan supervisi akademik. Faktor-faktor yang mendukung antara lain: instrumen supervisi akademik yang telah disusun, komitmen terhadap tugas dan tanggung jawab, serta motivasi untuk meningkatkan mutu pembelajaran secara khusus dan mutu pendidikan secara umum. Adapun faktor yang dapat menghambat pelaksanaan supervisi akademik antara lain: kompleksitas dan beban tugas yang tinggi, adanya guru yang kurang siap disupervisi serta kurangnya inisiatif dalam diri guru untuk mengembangkan potensinya karena belum memadainya fasilitas pembelajaran yang disediakan oleh sekolah.
Tidak tersedia versi lain