Fak. Tarbiyah
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DINI MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KARTU HURUF KELOMPOK B RA BINA BHAKTI KOTA BAUBAU
ABSTRAK
ROSDIANI NIM 20100107-00830. “Meningkatan Kemampuan Membaca Dini Melalui Penggunaan Media Kartu Huruf” (dibimbing Bapak Drs. Abdul Kadir, M. Pd)
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah melalui penggunaan kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak kelompok di RA Bina Bhakti Kota Baubau?” Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui penggunaan kartu huruf pada kelompok B RA Bina Bhakti Kota Baubau Tahun Ajaran 2011/2012.
Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian tindakan kelas. Karakteristik yang khas dari penelitian tindakan kelas yakni adanya tindakan-tindakan tertentu untuk memperbaiki proses belajar mengajar di kelas adapun Prosedur penelitian tindakan kelas ini direncanakan terdiri atas dua siklus, setiap siklus dilaksanakan sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai seperti pada faktor-faktor yang diselidiki. Prosedur penelitian tindakan kelas ini dilaksnakan dalam 3 (tiga) siklus. Siklus penelitian tindakan kelas terdiri atas beberapa tahapan yakni 1) perencanaan (planning), 2) pelaksanaan tindakan (action), 3) observasi dan evaluasi (observation and evaluation), 4). Refleksi (reflektion).
Berdasarkan data hasil penelitian yang dilakukan bahwa; Penggunaan media Kartu Huruf dapat meningkatkan kemampuan Membaca anak di RA Bina Bhakti Bau Bau. Hal ini bisa dilihat dengan meningkatnya nilai yang diperoleh anak selama proses pembelajaran. Pada skor awal diperoleh nilai rata-rata 67,48 dengan ketuntasan 39,13% kemudian meningkat dengan hasil evaluasi di akhir siklus I dengan perolehan nilai anak mencapai rata-rata 72,43 dengan ketuntasan belajar mencapai 69,57% anak memperoleh nilai ≥ 70. Sedangakan pada siklus II perolehan nilai anak menunjukan peningkatan dengan nilai rata-rata perolehan anak 74,91 dengan ketuntasan belajar 86,96% anak memperoleh nilai ≥ 70. Pencapaian kemampuan membaca dini anak pada siklus II menunjukan peningkatan yang sangat besar sekaligus manjadi akhir dari pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media kartu huruf, sebab standar ketuntasan yang ditentukan olah sekolah adalah jika 85% anak memperoleh nilai ≥ 70 telah tercapai. Dengan demikian, maka penggunaan media Kartu Huruf efektif meningkatkan kemampuan Membaca dini anak di RA Bina Bhakti Bau-bau
Tidak tersedia versi lain