Fak. Tarbiyah
KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI MTsN 2 KONAWE SKRIPSI
ABSTRAK
SITI NURHADIJA. Nim 12010103022. Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Konawe Kecamatan Wawotobi Kabupaten Konawe, dibimbing oleh Dr. H. Zulkifli, M. Si, M. Pd dan Dr. Samrin, M. Pd.I.
Skripsi ini membahas tentang kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MTsN 2 Konawe. Dengan rumusan masalah (1) Bagaimana kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MTsN 2 Konawe, (2) Apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan profesionalisme guru di MTsN 2 Konawe Kec. Wawotobi Kab. Konawe. Penelitian ini penulis menggunakan tehnik kualitatif deskriptif dengan menggunakan tehnik pengumpulan data yaitu wawancara kepala madrasah dan guru, mengobservasi dan melakukan dokumentasi.
Hasil penelitian yang ditemukan bahwa kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru yang dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Konawedengan menerapkan gaya kepemimpinan demokratis,otoriter, paternalistik. Kepala madrasahjuga melakukan (a) pembinaan pengembangan profesionalisme guru, dengan cara mengadakan kegiatan pelatihan dan kegiatan workshop terkait peningkatan profesionalisme guru dan memberdayakan kegiatan MGMP di madrasah atau di luar madrasah. (b) pembinaan disiplin,pembinanaan ini dilakukan dengan selalu mengingatkan untuk mematuhi peraturan dan memberikan teguran bagi yang melanggar aturan. (c) pemberian motivasi, ini dilakukan dengan menjalin hubungan yang baik dan mendukung semua kegiatan untuk kemajuan madrasah, selain itu memberikan arahan-arahan yang sifatnya membangun, memberikan kesejahteraan yang memadai. (d) melakukan diskusi dan kerja sama terpimpin
Faktor pendukung dalam meningkatkan profesionalisme guru yaitu bertambahnya jumlah pendidik, pelatihan-pelatihan, workshop dan MGMP yang diselenggarakan oleh madrasah maupun di luar madrasah, selain itu diskusi terpimpin dan sarana prasarana juga mendukung peningkatan profesionalisme guru di MTsN 2 Konawe. Meski demikian masih memiliki hambatan dalam upaya peningkatan profesionalisme guru khususnya dari para guru itu sendiri yang masih terdapat beberapa guru enggan meningkatkan kemampuannya sebagai tenaga profesional, dan juga ruang belajar yang masih sangat kurang.
Tidak tersedia versi lain