Fak. Tarbiyah
MOTIVASI BELAJARPENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA DI SMA NEGERI 7 KONAWE SELATAN
ABSTRAK
Lana Astria, Nim. 11010101016, Judul: Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa di SMA Negeri 7 Konawe Selatan (Dibimbing Oleh: Dr. H. Nur Alim, M.Pd dan Abdul Halim, S.Pd., M.TESOI)
Skripsi ini bertujuan; (1). Untuk mengetahui gambaran motivasi belajar pendidikan agama islam siswa d SMAN 7 Konawe Selatan. (2). Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar pendidikan islam sisa di SMAN 7 Konawe Selatan.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengungkapkan motivasi belajar pendidikan agama Islam siswa di SMA Negeri 7 Konawe Selatan. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 (tiga) bulan mulai bulan September sampai November 2015.
Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan angket, lembar observasi dan wawancara. Analisis dilakukan dengan cara menganalisis tanggapan informan pada lembar observasi, melakukan tabulasi dan menentukan kriteria jawaban siswa pada angket, dan membuat trasnkip dan menganalisis hasil wawancara.
Hasil penelitian ini menemukan bahwa: 1) Gambaran mengenai tingkat motivasi belajar pendidikan agama Islam siswa menunjukkan bahwa terdapat 21 orang atau 52,5% siswa yang memiliki motivasi belajar pendidikan agama Islam yang sedang, terdapat 17 orang atau 47,5% siswa yang memiliki motivasi belajar pendidikan agama Islam yang rendah, dan tidak terdapat siswa yang memiliki motivasi belajar pendidikan agama Islam yang termasuk dalam kategori sangat tinggi, rendah, dan rendah sekali. 2) Faktor yang paling mempengaruhi motivasi belajar pendidikan agama Islam siswa di SMA Negeri 7 Konawe Selatan adalah siswa mengharapakan nilai/ prestasi belajar yang tinggi, siswa ingin berkompetisi, siswa mengetahui hasil belajar sebelumnya rendah, siswa ingin mencapai target belajar, dan hasrat belajar yang muncul dari dalam diri siswa. Pujian dan hadiah adalah dua hal yang sangat jarang didapatkan siswa dari guru maupun orang tua, sehingga siswa beranggapan bahwa hadiah dan pujian adalah bukan hal yang dapat diharapkan untuk didapatkan ketika siswa belajar.
Tidak tersedia versi lain